Sambut Dies Natalis ke-13, Skrining Tiroid Gratis FK UKWMS dihadiri 300 Peserta Lebih

Sambut Dies Natalis ke-13, Skrining Tiroid Gratis FK UKWMS dihadiri 300 Peserta Lebih

Pemeriksaan kekuatan otot peserta penyuluhan pengmas FK UKWMS di Balai Paroki GerejaSantaMariaTak Bercela Surabaya-Angelita Ariko Pinkan-Liputan

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menyambut Dies Natalies ke-13, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menggelar skrining tiroid gratis. Berlangsung pada Sabtu, 10 Agustus 2024, berlokasi di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Surabaya.

Antrean sudah nampak ketika acara itu dibuka pukul 8 pagi. Skrining tiroid yang digelar UKWMS itu menuai antusiasme publik. Utamanya para lansia.

BACA JUGA:Iuran BPJS Kesehatan Naik Tahun Depan, Berapa Tarifnya?


Sambut Dies Natalis ke-13, Skrining Tiroid Gratis FK UKWMS dihadiri 300 Peserta Lebih. Suasana penyuluhan pengmas FK UKWMS di Balai Paroki Gereja Santa Maria Tak Bercela Surabaya dengan dr. Dewa Ayu Liona Dewi, M.Kes., Sp.GK.-Angelita Ariko Pinkan-Liputan

Selain skrining tiroid, terdapat seminar lanjutan mengenai tiroid di dalam gereja tersebut. "Supaya semua orang dapat mengetahui segala hal yang berkaitan dengan tiroid. Jika muncul gejala, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan. Untuk mempercepat penyembuhan," ujar dr. Elisabeth Tri Wahyuni Widoretno, SpP, salah seorang dokter yang bertugas.

Bagi para lansia, hidup sehat di masa tua adalah tujuan mereka. Seperti Paulin Citra, seorang peserta skrining "Saya datang sejak pukul 6 pagi. Ikut senam lansia dulu. Kami ini harus tetap sehat. Apalagi senam dan skriningnya gratis. Dapat souvenir pula," ujarnya, kemudian tertawa.


Sambut Dies Natalis ke-13, Skrining Tiroid Gratis FK UKWMS dihadiri 300 Peserta Lebih.  Paulin Citra yang senang dengan kegiatan skrinning tiroid gratis untuk lansia-Angelita Ariko Pinkan-Liputan

BACA JUGA:FK UWKS Berikan Edukasi Osteoarthritis Kepada Lansia di Dukuh Kupang

Pihak UKWMS membuka 300 kuota untuk skrining tersebut. Tapi kenyataannya, peserta yang datang jauh lebih banyak.

"Kemarin tercatat 276 pendaftar. Tapi hari ini ada lebih dari 300 orang yang datang," ujar Ketua Abdimas FK UKWM Surabaya Dr. dr. Mulya Dinata, Sp.PK.

Panitia yang terlibat adalah dari mahasiswa semester 3 Fakultas Kedokteran UKWMS, para dokter muda, juga akademisi. Ada pula komunitas lansia yang turut membantu.


Ketua Abdimas FK UKWMS: Dr. dr. Mulya Dinata, Sp.PK (Kiri) dan dr. Elisabeth Tri Wahyuni Widoretno, SpP (kanan) sedang menjawab pertanyaan-Angelita Ariko Pinkan-Liputan

BACA JUGA:Pemkot Pasuruan Salurkan Bansos untuk Anak Difabel dan Lansia

Wakil Dekan II FK UKWMS L. Suwandito, dr., MS, mengatakan bahwa acara itu selain untuk merayakan Dies Natalis ke-13, juga untuk merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya mencakup program Pengabdian Masyarakat.

"Dengan acara ini, saya harap dapat memicu kepedulian sosial para mahasiswa, juga untuk menumbuhkan semangat pelayanan. Baik bagi masyarakat, bangsa, dan negara," ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: