PKM UWKS Di Kampoeng Oase Songo, Kelola Maggot dan Budikdamber Lele untuk Ketahanan Ekonomi

PKM UWKS Di Kampoeng Oase Songo, Kelola Maggot dan Budikdamber Lele untuk Ketahanan Ekonomi

Sesi foto bersama dengan warga Kampoeng Oase Songo Surabaya-Angelita Ariko Pinkan-Liputan

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kampung Oase Songo. Kampung yang terletak di Kecamatan Sukomanunggal itu sepanjang jalan di penuhi produk daur ulang yang cantik.

Pada 10 Agustus 2024, di Oase Songo sedang digelar penyuluhan PKM budidaya maggot dan budikdamber lele. Pengampu materinya dari pihak Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Kegiatan itu merupakan bentuk pengabdian masyarakat dari UWKS. Bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi warga setempat. Dr. Freshinta Jellia Wibissono, drh., M.Vet, selaku ketua pelaksana menjelaskan skema kegiatan tersebut.


Budidaya lele dalam ember-Angelita Ariko Pinkan-Liputan

BACA JUGA:FK UWKS Berikan Edukasi Osteoarthritis Kepada Lansia di Dukuh Kupang

"Kegiatan budidaya maggot dan budikdamber lele ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan. Sampah makanan yang biasa dibuang dapat didaur ulang untuk budidaya maggot. Lalu maggotnya bisa dibuat pakan lele. Kalau lelenya sudah siap panen bisa dikonsumsi sendiri atau dijual." Ujar Freshinta. 

Kegiatan sosialisasi ditutup dengan penyerahan 1 mesin untuk membuat pelet maggot dan 10 ember besar yang berisi bibit lele. Freshinta menyebut bahwa setiap satu ember dapat menampung kurang lebih 100 lele dengan prediksi kematian sekitar 20 persen.

Usai sosialisasi, warga diajak untuk melihat proses memberi makan maggot oleh Yaning Mustikaningrum, pegiat lingkungan yang juga warga setempat. Yaning mengambil satu kantong plastik berisi makanan sisa dan parutan kelapa.


PKM UWKS Di Kampoeng Oase Songo, Kelola Maggot dan Budikdamber Lele untuk Ketahanan Ekonomi. Yaning Mustikaningrum di samping kandang-kandang maggot di Kampung Oase Surabaya.-Ariko Pinkan-Harian Disway

BACA JUGA:Tim UWKS Latih Warga Kampoeng Pintar Oase Tembok Gede Budidaya Ikan dalam Ember

"Maggot yang dibudidayakan disini itu baunya ndak menyengat. Soalnya dikasih parutan kelapa," ujar beliau sambil memberi makan maggot. 

Disamping tempat maggot, ada kandang budidaya lalat BSF. Larva dari lalat BSF itu yang akan menjadi maggot.

Siklus dari budidaya itu diharapkan dapat memutar roda perekonomian warga Kampoeng Oase Songo. Adi Candra, pembina Kampoeng Oase Songo, mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak yang terlibat dalam kegiatan itu.

BACA JUGA:FK UWKS Bakti Sosial pada Kader Lansia Dukuh Kupang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: