Keubitbit Sukses Jalani Konser di Bulgaria, Tepuk Tangan Tak Berhenti sampai Meja Makan

Keubitbit Sukses Jalani Konser di Bulgaria, Tepuk Tangan Tak Berhenti sampai Meja Makan

Keubitbit Sukses Jalani Konser di Bulgaria, Tepuk Tangan Tak Berhenti sampai Meja Makan. Keubitbit berhasil mendapat apresiasi luas dari pecinta jazz Bulgaria dalam International Jazz Festival.-Keubitbit-

HARIAN DISWAY - Tepuk tangan tak berhenti meski Keubitbit baru turun dari panggung. Bahkan ketika berjalan menuju ruang makan. Karya-karya mereka dihargai dengan sorak-sorai dan atusiasme.

Keubitbit, grup musik etnik asal Aceh itu tampil di International Jazz Festival Dr. Emil Iliev di Borovets, Sofia, Bulgaria, pada 2 Agustus 2024 silam.

Keubitbit, yang dibentuk pada 2014, memadukan semangat dan nuansa musik pesisir Aceh dengan elemen-elemen modern. Seperti jazz dan musik progresif.

BACA JUGA:Ayo Sambut Jazz Gunung Ijen 2024: Perayaan Musik di Hari Kemerdekaan

Grup itu beranggotakan Safrullah/Aloel (leader, music producer/arranger, bass), Indra Fahmi Hakim (drum), Raden Trio Ananda Bagus Prakoso (saksofon), Teuku Hariansyah/Apoen (perkusi Rapa’i & gendrang), Trinanda Imawan Wibisono (piano/keyboard), Hijruddin Marlin/Didin (gitar), dan Fahmi Arabi (lead vocal).

Mereka tidak hanya membawa semangat Aceh, tetapi juga meraih nominasi Karya Produksi World Music Terbaik di Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020 melalui lagu mereka yang berjudul Saban Sabee.

Perjalanan mereka menuju festival itu tidak mudah. "Kami diundang sejak lima bulan yang lalu. Namun, dengan kondisi keuangan yang kurang mendukung, proses pengajuan visa membutuhkan waktu yang sangat lama," kenang Aloel.


Keubitbit Sukses Jalani Konser di Bulgaria, Tepuk Tangan Tak Berhenti sampai Meja Makan. Keubitbit saat tampil di International Jazz Festival di Bulgaria.-Keubitbit-

BACA JUGA:Jazz Gunung Bromo 2024: Bromo Nirkolab

Keubitbit baru mengajukan visa satu minggu sebelum keberangkatan. "Akhirnya visa kami selesai pada 30 Juli. Malam itu juga kami langsung membeli tiket penerbangan," tambahnya.

Perjalanan panjang dari Jakarta ke Borovets menempuh rute Jakarta-Singapura-Dubai-Istanbul. Dari Istanbul, mereka menyewa mini van dan melanjutkan perjalanan darat selama 10 jam hingga tiba di Borovets, pada 1 Juli, pukul 05.00 pagi waktu setempat.

Yang menarik, saat sesi konferensi pers, media-media besar di Bulgaria banyak bertanya tentang Indonesia. Menunjukkan ketertarikan dan rasa penasaran mereka. Hal itu tentu menjadi pengalaman yang berkesan bagi Keubitbit.

BACA JUGA:Gigi Jazz Project Debut di Jazz Gunung Bromo 2024, Racikan Anyar yang Tetap Gigi Banget


Keubitbit Sukses Jalani Konser di Bulgaria, Tepuk Tangan Tak Berhenti sampai Meja Makan. Saat tampil di Bulgaria, Keubitbit membawakan 9 lagu.-Keubitbit-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: