Sambut Kemerdekaan Indonesia, 45 MUA Anggota Paguyuban Perias Indonesia Gelar Parade Legenda Nusantara 2

Sambut Kemerdekaan Indonesia, 45 MUA Anggota Paguyuban Perias Indonesia Gelar Parade Legenda Nusantara 2

Teguh Prahono (kiri) memeragakan tokoh Mbah Maridjan Mas Panewu Suraksohargo dan Denbagus Rakha (kanan) memperagakan tokoh Nyai Ponirah Ngatemi sebagai punggawa Nyi Gandung Melati yang diperagakan oleh Chechilia Devina A. -Martinus Ikrar Raditya-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sambut HUT RI yang ke-79, Paguyuban Perias Indonesia (PPI) menggelar parade makeup bertajuk Legenda Nusantara 2. Acara digelar di Royal Plaza Surabaya pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Selama pergeralarn yang dimulai dari pukul 3 sore hingga 10 malam itu, ada 45 peserta anggota PPI unjuk gigi. Mereka adalah para makeup artist (MUA) yang menampilkan riasan, busana, serta aksesori dengan aneka tema tertentu.

Penasihat PPI Emi Puji Astuti mengatakan bahwa acara ini sebenarnya menjadi wadah bagi para seniman di semua bidang. "Tidak hanya perias, tapi bagi orang yang memiliki jiwa seni bisa bergabung mengikuti kegiatan ini," katanya.

BACA JUGA: Adu Kompak di Jurus Jiti, Puslatda Wushu Jatim Gelar Kompetisi di Royal Plaza

Yang menarik, para MUA saling berlomba menunjukkan keragaman legenda terbaik yang ada di Indonesia. Karya-karya yang ditampilkan itu membuktikan bahwa hasil kreativitas anggota PPI sangatlah mumpuni.

Seperti persembahan dari Griya Rias Sagtya Sesa yang mengusung konsep Nyi Gadung Melati Ratu Penguasa Gunung Merapi. Dikisahkan, Nyai Gadung Melati adalah pelindung ekosistem termasuk flora dan fauna di Gunung Merapi.

Ada yang mengangkat peran Mbah Maridjan dan Nyai Ponirah Ngatemi. Lewat riasan, digambarkan bagaimana pengabdian penghormatan kepada alam semesta yakni kepada Sang Ratu Penguasa Gunung Merapi Nyi Gadung Melati.
Suasana gelaran event Legenda Nusantara 2 yang berlangsung di Atrium Royal Plaza Surabaya, pada Selasa, 13 Agustus 2024. -Martinus Ikrar Raditya-Harian Disway

BACA JUGA: Flaswless! Tips Makeup Anti Crack dari Philip Kwok, Simak Langkah-Langkahnya

Kemolekan Nyi Gadung yang didampingi dua punggawa membuat pengungkapan legenda yang berkembang di masyarakat itu menjadi indah. Apalagi dengan sentuhan potensi local wisdom, salah satu legenda Nusantara itu diungkap dengan indah.

Penampilan memukau juga dibawakan oleh Oktavia Makeup Artist dari Sidoarjo. Mereka membawakan legenda tentang Dewi Kandita. Karya Oktavia ini membuat para penonton terkesima karena konsep riasan dan busananya yang penuh cerita.

BACA JUGA: Fashion Show dan Make Up Ramaikan Rangkaian Awarding STA 2024 Hari Pertama

Dalam kisahnya, Putri Kandita, putri Prabu Siliwangi yang bijaksana menolak lamaran para pangeran dengan mengadu kesaktian di Laut Selatan. Karena tak terkalahkan, ia pun dikenal sebagai ratu penguasa Laut Selatan Pulau Jawa.

Kostum Putri Kandita ini dibawa Okatvia dari Madiun. Artibut emas yang cantik tampak menyatu dengan kostum berwarna hijau. Oktavia didukung Arga sebagai desainer busananya itu pernah menampilkan karya Nusantara di Malaysia dan Thailand.
Penampilan memukau yang dibawakan oleh peserta dari Sidoarjo, Oktavia Makeup Artist dengan modelnya Vania Sabrina. Membawakan kisah mengenai Dewi Kandita. -Reyphotograf-

Sebagai event menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI, event Legenda Nusantara 2 ini berhasil menampilkan kekayaan budaya Indonesia melalui riasan dan busana. Semua peserta bangga membawa kisah-kisah legenda dari berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan wawancara