Pidato Perpisahan Biden dan Protes di Chicago: Ketegangan di Konvensi Nasional Demokrat

Pidato Perpisahan Biden dan Protes di Chicago: Ketegangan di Konvensi Nasional Demokrat

Presiden AS Joe Biden berbicara di atas panggung pada hari pertama Konvensi Nasional Partai Demokrat di United Center pada 19 Agustus 2024 di Chicago, Illinois. Delegasi, politisi, dan pendukung Partai Demokrat berada di Chicago untuk menghadiri konvensi --getty images

HARIAN DISWAY - Presiden AS Joe Biden menyampaikan pidato perpisahannya pada hari Senin, saat Konvensi Nasional Demokrat dimulai di Chicago saat ribuan pengunjuk rasa pro-Palestina berkumpul di luar konvensi untuk menentang perang di Gaza.

Unjuk rasa ini mencerminkan ketidakpuasan yang berkembang, terutama di kalangan pemilih muda, terhadap kebijakan Timur Tengah yang dijalankan oleh pemerintahan Biden.

Para pengunjuk rasa, yang terdiri dari berbagai kelompok aktivis, menyuarakan sejumlah isu, termasuk perubahan iklim, hak aborsi, dan kesetaraan ras.

Namun, seruan utama mereka adalah desakan untuk segera diakhirinya perang Israel-Hamas. Beberapa demonstran membandingkan situasi ini dengan perlawanan terhadap Perang Vietnam di masa lalu.

Wali Kota Chicago, Brandon Johnson, menyatakan bahwa pihak berwenang sudah siap. "Kota Chicago sangat ahli dalam hal-hal seperti ini," ujarnya dalam konferensi pers. Polisi Chicago telah melakukan pelatihan ekstensif dalam penanganan protes, termasuk taktik de-eskalasi, untuk memastikan demonstrasi berlangsung damai.

BACA JUGA:Pertemuan Rahasia AS, Israel, dan Otoritas Palestina Bahas Perbatasan Rafah

Chicago, yang memiliki salah satu komunitas Palestina terbesar di AS, menjadi pusat bagi ribuan aktivis dari seluruh negeri yang berpartisipasi dalam unjuk rasa ini. Penyelenggara berharap pawai dan rapat umum pada hari Senin akan dihadiri oleh setidaknya 20.000 orang.

Hatem Abudayyeh, juru bicara Koalisi Berbaris DNC, yang mencakup ratusan organisasi, berkata “Kita harus memainkan peran kita di tengah-tengah binatang buas demi menghentikan genosida, mengakhiri bantuan AS kepada Israel dan berdiri bersama Palestina.”

Taylor Cook, seorang organisator Freedom Road Socialist Organization, melakukan perjalanan dari Atlanta untuk mengikuti demonstrasi tersebut. Cook mengungkapkan bahwa kelompoknya mendesak Demokrat, terutama Kamala Harris, untuk mengakhiri dukungan AS terhadap Israel.

"Kami katakan kepada Kamala, dia terlibat dalam hal ini. Orang-orang mengira hanya Joe Biden, tetapi dia adalah wakil presiden," kata Cook. "Jadi kami katakan, dia harus berhenti jika menginginkan suara kami."

BACA JUGA: Dubes Israel Ngamuk, Kutuk Dan Rusak Sampul Piagam PBB Atas Pemungutan Suara Keanggotaan Palestina

Para pendukung pro-Palestina berkumpul di taman, sebelah barat distrik bisnis Loop, untuk melakukan aksi unjuk rasa. Mereka berencana mendekat ke lokasi United Center, tempat berlangsungnya konvensi.

Sekitar 40 pendukung pro-Israel juga hadir, meskipun dalam jumlah yang lebih kecil, untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap Israel. Sebagian besar dari mereka tetap diam sambil melambaikan bendera Israel, dengan didampingi sekitar 20 petugas polisi bersepeda. Meskipun ketegangan kadang-kadang berkobar, tidak ada perkelahian fisik.

Josh Weiner, salah satu pendiri Chicago Jewish Alliance yang mendukung kelompok pro-Israel, mengatakan bahwa tujuan mereka “untuk membuat kehadiran kami terasa.” Weiner mengatakan kelompok tersebut mengajukan izin yang tidak disetujui oleh kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp