Menparekraf Gandeng Xbox Berkolaborasi Majukan Industri Gim Indonesia

Menparekraf Gandeng Xbox Berkolaborasi Majukan Industri Gim Indonesia

Menparekraf Sandiaga Uno bertemu perwakilan Xbox dalam pameran "Gamescom 2024" di Koln, Jerman, Kamis, 22 Agustus 2024 -Kemenparekraf-

HARIAN DISWAY -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak anak perusahaan Microsoft yang fokus pada video gim, Xbox, untuk memperkuat kerja sama dalam upaya memajukan industri gim di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga saat melakukan networking session dengan Xbox di sela penyelenggaraan pameran gim terbesar dunia "Gamescom 2024" di Koln, Jerman, Kamis, 22 Agustus 2024 waktu setempat.

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga juga berkesempatan mencoba salah satu gim terbaru dari Xbox. 

"Dengan semakin tingginya popularitas Xbox, tentu akan menjadi peluang yang baik bagi kita untuk meningkatkan kerja sama. Tidak hanya untuk promosi, tapi juga berkolaborasi agar dapat semakin meningkatkan Gim Indonesia ke level internasional," ujar Sandiaga. 

BACA JUGA:Luhut Pamerkan Gim Lokapala Karya Developer Indonesia, Ajak Main Gim Buatan Indonesia

Xbox sebelumnya juga telah menjalankan program-programnya dalam mendukung pengembangan industri gim di Indonesia. Salah satunya Xbox Game Camp yang menghubungkan pengembang gim di Indonesia dengan para pakar internasional. 

Menparekraf Sandiaga sangat mengapresiasi program tersebut dan berharap ke depannya Xbox Game Camp dapat terus dilaksanakan di Indonesia. 

"Kami tentu sangat tertarik jika ke depan akan ada lebih banyak pelatihan pengembangan kapasitas yang dapat kami susun sebagai bagian dari peningkatan level dari talenta-talenta di industri kami," ujar Sandiaga. 


Menparekraf Sandiaga Uno menjajal salah satu gim Xbox dengan Virtual Reality (VR) headset-Kemenparekraf-

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga juga memastikan dukungan dan fasilitasi dalam upaya membawa masuk Development Kit Xbox. Development kit Xbox adalah peralatan kerja yang dibutuhkan pengembang gim agar dapat menjual gimnya di Xbox. 

BACA JUGA:Peringatan Hari Gim Indonesia: Kemenparekraf Rekomendasikan 8 Gim Dengan Kearifan Lokal

"Kami sangat ingin membantu jika ada masalah terkait dengan lisensi atau peraturan atau izin, sehingga kami dapat membantu mempercepat Development Kit Xbox agar bisa digunakan dalam pengembangan ekosistem gim lokal kami," ujarnya. 

Terkait promosi, Menparekraf Sandiaga mengajak Xbox untuk bisa berpartisipasi di berbagai acara eksibisi yang berlangsung di Indonesia. 

"Seperti pada pekan lalu kami baru saja menyelenggarakan Baparekraf Game Prime yang memamerkan gim lokal juga internasional," ujar Presiden dari perusahan investasi Saratoga Group ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: