Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Program Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Tepat Sasaran di Desa Sepanjang

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Program Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Tepat Sasaran di Desa Sepanjang

Penyerahan Bantuan Langsung Tunai oleh Tiga Pilar Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi kepada masyarakatnya.--

Pelaksanaan program BLT di Desa Sepanjang dijadwalkan untuk dilakukan dalam empat triwulan selama satu tahun. Desa Sepanjang memprioritaskan realisasi BLT ini karena dianggap sebagai program yang efektif dalam membantu warga miskin di desa tersebut.

Meski demikian, pelaksanaan program pemerintah seperti BLT, Raskin, PKH, dan program lainnya seringkali berada di bawah tanggung jawab pemerintah desa.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Pilar Desa Sidobandung Dampingi Mahasiswa Tanam Pohon

Para jajaran aparatur desalah yang harus bekerja keras dalam membagikan undangan, menyalurkan bantuan, dan memastikan bahwa semua bantuan sampai ke penerima.

Peran ketua RT dan RW juga sangat penting dalam proses ini. Mereka bertugas menyampaikan informasi mengenai penyerahan bantuan kepada keluarga penerima bantuan. Karena RT dan RW adalah pihak yang paling mengenal warga di lingkungannya. 

Tanpa keterlibatan aktif dan responsif dari pemerintah desa serta RT dan RW, program bantuan pemerintah tidak akan berjalan efektif dan tidak akan mencapai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sebenarnya.

BACA JUGA:APJW II 2024, Anjangsana Legiun Veteran Republik Indonesia oleh Tiga Pilar Plus Kelurahan Bendo, Blitar

Secara keseluruhan, kesuksesan program bantuan pemerintah sangat bergantung pada keaktifan dan kepedulian pemerintah desa serta perangkatnya. 

Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah desa, RT, dan RW, program bantuan seperti BLT dapat berjalan lancar dan tepat sasaran, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang membutuhkan.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Desa Lolos Seleksi di Kabupaten Situbondo Buktikan Sinergitas Tiga Pilar

*) Artikel ini ditulis oleh Elsa Amalaia Kartika Putri, Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Mahasiswa Program Magang Regular Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: