Nyaman Gunakan Innova Zenix, Paus Fransiskus Sampai & Istirahat di Kedubes Vatikan Jakarta

Nyaman Gunakan Innova Zenix, Paus Fransiskus Sampai & Istirahat di Kedubes Vatikan Jakarta

Paus Fransiskus melambai dari Toyota Innova Zenix yang mengantarkannya ke Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.-Tiziana Fabi-AFP-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus, telah sampai di Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan, Gambir, JAKARTA Pusat. Paus naik Toyota Innova Zenix pada Selasa, 3 September 2024, pukul 12.29 WIB.

Dilansir dari disway.id, Jalan Merdeka Timur arah Tugu Tani dan sebaliknya sempat ditutup saat kedatangan iring-iringan kendaraan Paus Fransiskus. Kedubes Vatikan telah telah dijaga ketat di beberapa titik kerumunan massa agar tidak memadati jalan raya.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Tak Pakai Fasilitas Mewah, Muhammadiyah: Teladan Pemimpin Global

Sebanyak 545 aparat gabungan berjaga di kawasan sekitar Kedubes Vatikan. Terdapat 4 titik utama yang dijaga ketat. Yakni, Ring Dua di sekitar Kedubes sebanyak dua titik dan Ring Tiga sebanyak dua titik di sekitar Stasiun Gambir dan Tugu Tani.

“Selain itu, memang kawasan Katedral juga kawasan Monas kami antisipasi apabila nanti ada massa atau umat yang ingin menyaksikan langsung kedatangan Bapa Suci,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

BACA JUGA:Jokowi Sebut Kunjungan Paus Fransiskus Sangat Bersejarah

Bapa Suci tersebut dikawal ketat dengan standar VVIP dengan menaiki mobil Toyota Kijang Innova Zenix warna putih berplat nomor SCV 1. SCV adalah singkatan dari Status Civitatis Vaticanae. Atau, dalam bahasa Italia: Stato della Citta del Vaticano. Artinya, Negara Kota Vatikan.


Paus Fransiskus didampingi Yaqut Cholil Qoumas sebelum naik Toyota Innova Zenix putih menuju Kedutaan Besar Vatikan.-Tiziana Fabi-AFP-

Paus Fransiskus duduk di kursi penumpang depan dengan jendela terbuka. Ia tersenyum dan menyapa umat yang turun ke jalan untuk menyambutnya.

BACA JUGA:Menko PMK: Kunjungan Paus Fransiskus, Sebuah Kehormatan bagi Indonesia

Pada hari ini, kegiatan Paus Fransiskus adalah penyambutan di Bandara Soekarno-Hatta dan berangkat ke Kedubes Vatikan di Gambir Jakarta Pusat untuk beristirahat. 

Kegiatan kunjungan akan dimulai esok, 4 September 2024. Paus Fransiskus akan berkunjung ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo dan mengunjungi Gereja Katedral Jakarta.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Tiba di Indonesia Pukul 11.30 WIB, Pakai Pesawat Ramah Lingkungan

Pada hari ketiganya di Indonesia, Paus Fransiskus akan mengunjungi Masjid Istiqlal di pagi hari. Kemudian, siang hari akan mengisi konferensi Indonesian Bishop’s Conference (Konferensi Waligereja Indonesia) yang berisi para uskup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id