Luhut Curhat Soal Kesederhanaan Paus Fransiskus: Sudah Disiapkan Mobil Anti Peluru, Tapi Tidak Mau

Luhut Curhat Soal Kesederhanaan Paus Fransiskus: Sudah Disiapkan Mobil Anti Peluru, Tapi Tidak Mau

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan-Tangkapan Layar-

HARIAN DISWAY - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengomentari tentang kesederhanaan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia, paus Fransiskus.

Luhut mengungkapkan kesederhanaan sambutan dan fasilitas yang disiapkan merupakan keinginan Paus sendiri.

Paus tidak menggunakan jet pribadi, melainkan menggunakan pesawat komersial, Alitalia.

Pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio tersebut bahkan hanya menaiki mobil biasa, bukan mobil mewah ataupun mobil anti peluru.

Padahal panitia kata Luhut sudah menyiapkan mobil khusus untuk membawa orang nomor satu di Vatikan tersebut.

"Ada (menyediakan,Red) tapi beliau maunya begitu. Tapi kita menyediakan. Kalau mobil bulletproof, dia nggak mau bulletproof,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus, telah sampai di Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan, Gambir,  Jakarta Pusat.

Paus naik Toyota Innova Zenix.

Bapa Suci tersebut dikawal ketat dengan standar VVIP dengan menaiki mobil Toyota Kijang Innova Zenix warna putih berplat nomor SCV 1.

SCV adalah singkatan dari Status Civitatis Vaticanae. Atau, dalam bahasa Italia: Stato della Citta del Vaticano. Artinya, Negara Kota Vatikan.

Paus Fransiskus duduk di kursi penumpang depan dengan jendela terbuka. Ia tersenyum dan menyapa umat yang turun ke jalan untuk menyambutnya.

BACA JUGA:Nyaman Gunakan Innova Zenix, Paus Fransiskus Sampai & Istirahat di Kedubes Vatikan Jakarta

Luhut juga menjelaskan, bahwa kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah bukti bahwa Indonesia merupakan negara yang besar.

"Saya kira bagus kedatangannya. Persiapannya sudah baik. hari ini sudah mendarat di Jakarta. Itulah bukti negara ini negara besar, setelah 35 tahun yang lalu Paus datang ke Indonesia, sekarang beliau datang ke sini,” ujar luhut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: