Profil dan Perjalanan Karier Puput Novel, dari Penyanyi Cilik Sampai Caleg Partai Golkar

Profil dan Perjalanan Karier Puput Novel, dari Penyanyi Cilik Sampai Caleg Partai Golkar

Profil Puput Novel, penyanyi lawas Indonesia yang meninggal dunia di usia 50 tahun. --Instagram @puputnovel_


Karya Puput Novel era 80-an dan 90-an. --Blogspot Indolawas

Di puncak popularitasnya, ia berhasil meraih empat penghargaan Golden Record untuk penjualan album terbanyak dan album terbaik pada masanya. Selain itu, Puput juga pernah mewakili Indonesia dalam ajang pencarian bakat Asia Bagus di Singapura.

Perempuan kelahiran 31 Agustus 1974 itu tercatat sebagai alumni Universitas Kristen Indonesia (UKI) angkatan 1994. Dia kuliah di jurusan Sastra Inggris. Pada tahun 2012, dia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia dengan fokus pada Ilmu Sosial dan Politik. Selain menimba ilmu, Puput aktif terlibat dalam berbagai organisasi.

BACA JUGA:Faisal Basri Unggah Tulisan ‘Rumah Indonesia, Rumah Kita’ sebelum Berpulang

BACA JUGA:Joko Pinurbo Berpulang, Begini Ragam Ucapan dari Para Tokoh dan Budayawan

Caleg Partai Golkar

Puput juga terjun ke dunia politik. Dia memulainya pada tahun 2004, ketika menjabat sebagai salah seorang Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar.

Pada Pemilu 2004, dia mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI dari Partai Golkar untuk daerah pemilihan Jawa Barat VIII. Namun, Puput Novel gagal terpilih pada saat itu.

Kemudian, pada 2017, Puput bergabung sebagai Anggota Departemen Seni Budaya dalam organisasi Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong.


Profil Puput Novel, penyanyi lawas Indonesia yang meninggal di usia 50 tahun. Foto: Poster pencalonan sebagai anggota legislatif pada pemilu 2019. -Instagram Puput Novel-

Pada Pemilu 2019, dia kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI dari Partai Golkar untuk daerah pemilihan DKI Jakarta II. Sayang, Puput Novel belum berhasil terpilih.

BACA JUGA:Mooryati Soedibyo Berpulang, YPI dan Para Puteri Indonesia Ucap Belasungkawa

BACA JUGA:Prof Roem Rowi, Ulama Ahli Alquran Berpulang ke Rahmatullah

Lalu, pada 2020, Puput diangkat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar. Sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP Bidang Media dan Penggalangan Opini di partai tersebut.

Setelah itu, pada 2023, nama Puput Novel sempat muncul dalam daftar calon sementara Pemilu 2024 sebagai calon anggota DPR-RI dari Partai Amanat Nasional (PAN). Dia menjadi caleg daerah pemilihan DKI Jakarta II. Namun rupanya pencalonan tersebut tidak berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber