Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jawa Timur di Desa Penanggungan, Siapkan Masa Depan dengan Desain Berkelanjutan

Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jawa Timur di Desa Penanggungan, Siapkan Masa Depan dengan Desain Berkelanjutan

Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jawa Timur di Desa Penanggungan, Siapkan Masa Depan dengan Desain Berkelanjutan. Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jawa Timur dengan rancangan masterplan desain berkelanjutan untuk Desa Penanggungan, Trawas, Mojokerto-Azkia Avenzoar-

MOJOKERTO, HARIAN DISWAY - Akademisi dari Fakultas Arsitektur dan Desain, UPN Veteran Jawa Timur, melakukan pengabdian masyarakat di Desa Penanggungan, Trawas, Mojokerto. 

Desa Penanggungan dikenal dengan warisan budaya dan keindahan alam. Dengan berbagai potensi itu, desa tersebut terus berusaha meningkatkan perekonomiannya melalui perencanaan yang matang dan berkelanjutan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, tim pengabdian masyarakat UPN Veteran Jawa Timur bekerja sama dengan pemerintah desa. Mereka menyusun masterplan dan merancang infrastruktur penting. Seperti gerbang, jembatan, dan gazebo. 

BACA JUGA:Mahasiswa UPN Veteran Bantu Pujasera Desa Kedung Peluk dengan Konten Digital Marketing


Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jawa Timur di Desa Penanggungan, Siapkan Masa Depan dengan Desain Berkelanjutan. Tim pengabdian masyarakat UPN Veteran Jawa Timur bekerja sama dengan pemerintah desa untuk menyusun masterplan desain.-Azkia Avenzoar-

"Inisiatif itu tidak hanya memenuhi kebutuhan mendesak desa. Tetapi juga meletakkan dasar untuk pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang berkelanjutan," ungkap Wendy Sunarya, ketua tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jawa Timur.

Seiring dengan semakin populernya wisata pedesaan, desa-desa seperti Penanggungan menghadapi peluang dan tantangan. Peningkatan jumlah pengunjung dapat merangsang perekonomian lokal. Tetapi tanpa perencanaan yang jelas dan berkelanjutan, ada risiko pembangunan yang tidak terkendali, kerusakan lingkungan, dan hilangnya identitas budaya.

"Kami merancang masterplan yang berfungsi sebagai blueprint untuk pembangunan. Memastikan bahwa pertumbuhan dikelola secara berkelanjutan untuk kepentingan masyarakat, lingkungan, dan warisan budaya," ungkapnya. 

BACA JUGA:Ulurkan Tangan Rajut Kebersamaan: Kegiatan KKN Sosialisasi dan Santunan Mahasiswa Fakultas Hukum, UPN Veteran Jawa Timur

Bagi Desa Penanggungan, masterplan yang berkelanjutan itu sangat penting untuk menyeimbangkan kebutuhan yang saling bersaing. Masterplan itu memberikan visi strategis yang sesuai dengan karakteristik unik desa, memandu perkembangan masa depan untuk mendukung ketahanan ekonomi, pelestarian lingkungan, dan vitalitas sosial budaya.

Memahami pentingnya pembangunan berkelanjutan, tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Arsitektur dan Desain UPN Veteran Jawa Timur telah bekerja sama erat dengan pihak-pihak terkait dari Desa Penanggungan. 

Tim itu bertujuan untuk menciptakan masterplan dan merancang infrastruktur yang mencerminkan identitas desa dan memenuhi kebutuhan penduduk serta pengunjung. Mereka mengawali dengan berinteraksi bersama perwakilan desa untuk memahami visi mereka. 

BACA JUGA:Hadiri Dies Natalis GMNI Hukum UPN Veteran Jatim, Adi Sutarwijono Ingatkan tentang Pilihan Ideologis sebagai Pilihan Jalan Hidup

"Kami melakukan serangkaian wawancara dan diskusi. Tim mengidentifikasi area-area utama yang dapat menerapkan prinsip-prinsip desain berkelanjutan," ungkap Azkia Avenzoar, anggota tim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: