Debat Panas di Philadelphia: Harris Klaim Trump Akan Larang Aborsi Nasional, Trump Beri Jawaban Ambigu

Debat Panas di Philadelphia: Harris Klaim Trump Akan Larang Aborsi Nasional, Trump Beri Jawaban Ambigu

Wakil Presiden AS Kamala Harris, kanan, dan mantan Presiden AS Donald Trump saat debat presiden kedua di Pennsylvania Convention Center di Philadelphia, Pennsylvania, AS, pada Selasa, 10 September 2024.-The New York Times-getty images

Bahkan, tidak ada bukti bahwa Trump secara pribadi terlibat dalam penulisan Proyek 2025. Menurut Noah Weinrich, juru bicara Proyek 2025. Dokumen kebijakan ini diterbitkan oleh Heritage Foundation pada April 2023. Dokumen tersebut  tidak terdapat kandidat politik yang terlibat dalam penyusunannya. 

Menambah kerumitan, calon wakil presiden Trump, JD Vance. Sebelumnya menyatakan bahwa Trump akan memveto larangan aborsi nasional jika terpilih kembali. Namun, dalam wawancara terbaru, Trump membantah telah membahas topik ini dengan Vance.

BACA JUGA: Ragam Cara Menjerat Trump di Pengadilan, Upaya Terakhir Sebelum Pilpres AS!

“Saya tidak membahasnya dengan JD. Ia mungkin memiliki pandangannya sendiri, tetapi saya rasa ia tidak berbicara atas nama saya,” ujar Trump. Namun ketika didesak lagi, Vance berkata, “Saya kira dia akan melakukannya, dia mengatakan dengan tegas bahwa dia akan melakukannya.”

Trump tetap menyangkalnya, dengan menyatakan bahwa ia tidak percaya larangan aborsi nasional akan lolos di Kongres. Hal ini menambah ambiguitas mengenai sikap Trump terhadap isu tersebut. Di mana ia tidak secara tegas menyatakan apakah ia akan mendukung atau menolak larangan aborsi federal.

BACA JUGA: Menakar Peluang Kamala Harris melawan Donald Trump: Berpotensi tapi Tetap Berat

Klaim Harris bahwa Trump akan menandatangani larangan aborsi nasional tidak dapat dipastikan. Terutama mengingat posisi Trump yang ambigu terhadap isu tersebut. 

*) Elsa Amalia Kartika Putri, Mahasiswi Politeknik Negeri Malang, Mahasiswi Program Magang Regular di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cnn news