Mengenal Teknik Yoga Aerial Sling, Varian Aerial Yoga Menggunakan Hammock

Mengenal Teknik Yoga Aerial Sling, Varian Aerial Yoga Menggunakan Hammock

Sesi pemanasan pada workshop aerial flow di Lotus East Studio Surabaya. -Angelita Ariko Pinkan -HARIAN DISWAY

"Peserta yang sudah pernah mencoba aerial yoga akan lebih mudah beradaptasi dengan aerial sling," kata Erna. "Karena mereka sudah terbiasa menggunakan hammock dan memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik," jelasnya.

Karena itu, Erna memberikan saran kepada peserta yang ingin mencoba aerial sling. Menurutnya, lebih baik jika peserta sudah pernah mencoba aerial yoga terlebih dahulu.

Dalam aerial sling, ada juga teknik lain yang diperkenalkan seperti sitting on thigh turn, sitting on knee turn, dan hip turn. Setiap teknik memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam hal mengatur keseimbangan tubuh di atas hammock yang berputar.


Peserta workshop aerial flow di Lotus Studio East Surabaya saling membantu agar dapat melakukan gerakan aerial flow yang tergolong cukup rumit bagi pemula. -Angelita Ariko Pinkan -HARIAN DISWAY

"Sifat dari spinning pada aerial sling adalah semakin tubuh terbuka, semakin lambat putaran, dan sebaliknya," jelas Erna. Sebelum mencoba gerakan yang lebih kompleks, peserta harus benar-benar menguasai teknik dasar.

Pemanasan yang dilakukan juga berfungsi untuk mempersiapkan otot agar tidak cedera selama latihan. Setelah latihan intens, sesi workshop diakhiri dengan pendinginan untuk merelaksasi tubuh.

BACA JUGA:Meningkatkan Bonding Pasangan dengan Couple Yoga Yin dan Yang Bersama Studio Lotus

BACA JUGA:Serunya Senam Dansa Bareng Dahlan Iskan di Kantor Harian Disway

Erna menjelaskan bahwa workshop ini lahir dari inisiatif antara dirinya dan Lotus Studio. Mereka menyadari bahwa di Surabaya, variasi kelas yoga terutama Aerial Sling masih cukup terbatas.

"Kami ingin memberikan variasi kepada komunitas yoga di Surabaya. Semoga ke depannya semakin banyak kelas yang menawarkan aerial sling," tambah Erna. Ternyata, kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat positif dari para peserta.

Kalau belum terbiasa dengan hammock, mungkin akan merasa pusing saat melakukan spinning. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan gerakan berputar yang cukup intens.

Co-founder Lotus Studio Eko Surya Putra Honggara berencana untuk rutin mengadakan kelas serupa. Ia berharap semakin banyak orang di Surabaya yang bisa merasakan manfaat dari aerial sling.

BACA JUGA:Heboh! Gembira Bareng Senam Dahlan Iskan di Kota Lama Surabaya

BACA JUGA:Senam Dahlan Iskan dan Talk Show Orthopaedi Ramaikan Awarding STA 2024 Hari Pertama

Selain meningkatkan fleksibilitas, latihan ini juga baik untuk melatih kekuatan tubuh dan keseimbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: