Pesan Wirausaha Dahlan Iskan di ACEC Unair: 'Bisnis Bukan Sekadar Produk, Tapi Uang'

Pesan Wirausaha Dahlan Iskan di ACEC Unair: 'Bisnis Bukan Sekadar Produk, Tapi Uang'

Antusiasme Dahlan Iskan saat memberi materi di Grand Launching Wirausaha Merdeka ACEC 2024, 23 September 2024-Sahirol Layeli-Harian Disway

"Bisnis itu yang penting menghasilkan uang, bukan hanya mengahasilkan produk," terang Dahlan Iskan di sela-sela sesi. 

Suasana semakin hidup ketika Dahlan Iskan secara spontan memanggil beberapa mahasiswa yang ingin bertanya. Ia tidak hanya menjawab pertanyaan, tetapi juga berbincang hangat dengan peserta.

Salah satu momen yang membuat suasana semakin cair adalah ketika Dahlan berbincang dengan Muhammad Farrel, mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Surabaya, yang memiliki usaha kuliner.

BACA JUGA:Kisah Bacawali Samarinda Daniel Mahendra Yuniar: Dari Kuli Angkut ke Dirut PLTU ‘Dahlan Iskan’


Dahlan Iskan (kiri) dan Fitria Regina (kanan) saat bertukar cerita tentang bisnisnya di Grand Launching Wirausaha Merdeka ACEC 2024 Unair, 23 September 2024-Sahirol Layeli -Harian Disway

"Apa masalah terbesarmu sekarang?" tanya Dahlan sambil tersenyum.

"Saya masih sulit dengan sistem kerja bisnis saya, karena saya sering tidak terlibat," jawab Farrel. 

Abah Dahlan pun langsung menjawab praktis: "Ya, saya tidak tahu". Dahlan Iskan mencoba menggali bagaimana bisnis Farrel bekerja dengan pertanyaan-pertanyaan jitu.

Dan, akhirnya ditemukan benang merah, kalau bisnis Farrel itu sudah on the track. Sebab, per hari produknya sudah laku 600 pack per hari. 

Enam bulan lalu produknya laku 300 pack per hari. Artinya, dalam jangka waktu enam bulan sudah terjadi dua kali lipat penjualan. Farrel menjual nasi ayam katsu yang dijual seharga Rp 10.000. 

BACA JUGA:Senam Dahlan Iskan dan Talk Show Orthopaedi Ramaikan Awarding STA 2024 Hari Pertama

Sambil bersenda gurau, Dahlan Iskan meminta Farrel turun. Bahkan, ia meminta dosen Universitas Negeri Surabaya untuk segera meluluskan Farrel agar ia bisa fokus dengan bisnisnya.

"Anda besok wisuda!" terang Abah Dahlan dengan melempar senyuman hangat. 

Sesi itu pun diakhiri dengan tepuk tangan panjang dari para peserta. Hal itu menandakan rasa puas dan terinspirasi dari semua yang sudah disampaikan Abah Dahlan. 

Tak hanya sekadar berbagi ilmu, kehadiran Dahlan Iskan dalam acara Grand Launching Wirausaha Merdeka di Unair itu benar-benar memberikan angin segar bagi peserta yang hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: