189 Booth UMKM se-Jawa Timur Ramaikan Jatim Fest 2024

189 Booth UMKM se-Jawa Timur Ramaikan Jatim Fest 2024

Pengunjung mencoba sampel makanan yang ditawarkan di booth milik Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim di Jatim Fest 2024, yang berlangsung di Exhibition Hall, Grand City Mall Surabaya. -Angelita Ariko Pinkan-Harian Disway

HARIAN DISWAY – Jatim Fest 2024 kembali digelar untuk yang kedua kalinya. Diadakan pada 2-6 Oktober 2024 di Exhibition Hall, Grand City Surabaya. Seperti penyelenggaraan sebelumnya, digelar sebagai rangkaian peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur.

Event digelar untuk umum. Pengunjung bebas masuk tanpa dikenai biaya apa pun alias gratis. Opening ceremony Jatim Fest 2024 dibuka oleh Pj Gubernur Adhy serta diramaikan oleh mantan vokalis Yovie and Nuno, Dudy Oris.

Fakedopp juga menyemarakkan acara ini pada hari ketiga atau Jumat, 4 Oktober 2024. Dibuka pada pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 21.00 WIB, Jatim Fest disebut sebagai pameran multi-produk terbesar se-Jatim.
Boneka kerajinan tangan crochet yang dipajang dan dijual di booth Diskop UKM menjadi daya tari pengunjung Jatim Fest 2024, di Exhibition Hall, Grand City Surabaya. -Angelita Ariko Pinkan-Harian Disway

BACA JUGA: UMKM Unjuk Gigi di Jatim Fest 2023 (1) : Raup Omzet Jutaan dalam Dua Hari

Tak hanya fesyen dan pernak-pernik dari beragam UMKM di Jawa Timur, tapi terdapat banyak stan makanan atau minuman. Inilah kesempatan bagi masyarakt Jawa Timur untuk mendapatkan produk berkualitas dari UMKM.

Di Jatim Fest 2024 yang dahulu bernama Jatim Fair itu terdapat berbagai kegiatan menarik lainnya. Tak hanya produk unggulan yang dipamerkan dan bisa dibeli, ada juga pertunjukan menarik dan kegiatan interaktif dari berbagai booth.

Salah satu yang mendapatkan perhatian pengunjung adalah booth dari Dinas Sosial. Di situ, pengunjung bisa merasakan pengalaman yang jarang didapat di tempat lain yaitu belajar singkat mengenai bahasa isyarat.
Pengunjung belajar singkat mengenai bahasa isyarat di booth milik Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Jatim Fest, Exhibition Hall, Grand City Mall Surabaya pada Kamis, 3 Oktober 2024. -Angelita Ariko Pinkan-Harian Disway

BACA JUGA: UMKM Unjuk Gigi di Jatim Fest 2023 (2): Tak Hanya Produk Kerajinan, Pengunjung Juga Tertarik Kulineran

Selain itu, pengunjung juga bisa menambah pengetahuan melalui berbagai talkshow dengan topik menarik yang dibutuhkan oleh pengunjung. Mulai dari skincare, digital content, zero waste, energi bersubsidi, dan lainnya.

Pada Kamis, 2 Oktober 2024, ada talkshow Penerbitan Surat Rekomendasi untuk Penyaluran BBM Subsidi Tepat Sasaran dan Tepat Volume. Talkshow dibuka oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jatim Aris Mukiyono.

Jatim Fest 2024 kali ini diikuti oleh 189 booth usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Terdiri dari 12 booth kuliner, 25 booth OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) Jatim, 13 booth yang mewakili kabupaten/kota se-Jatim.
Sesi talkshow Penerbitan Surat Rekomendasi Untuk Penyaluran BBM Subsidi Tepat Sasaran dan Tepat Volume dalam Jatim Fest 2024 di Exhibition Hall, Grand City Mall Surabaya. Dalam foto: Dr. Ir. Aris Mukiyono, M.T., M.M, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur.- Angelita Ariko Pinkan-Harian Disway

BACA JUGA: Rayakan Hari Batik dengan Batik in Style, Hotel Wyndham Surabaya Geber Fashion Show Tiga Desainer

Yakni empat booth BLU (Badan Layanan Umum) daerah, tujuh booth BUMN (Badan Usaha Milik Negara), empat booth BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), tujuh booth swasta, dan lima booth UMKM mandiri.

"Harapannya semoga Jatim Fest 2024 bisa terus bertumbuh, dan terus meningkatkan produk unggulan UMKM khususnya di Jawa Timur," ujar Eli Fitria, pelaku UMKM Bunga Rajut, pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: