Peringati Hari Prangko Sedunia, Kominfo Luncurkan Perangko Seri 150 Tahun UPU

Peringati Hari Prangko Sedunia, Kominfo Luncurkan Perangko Seri 150 Tahun UPU

Kominfo rilis prangko seri 150 tahun Perhimpunan Pos Sedunia atau UPU pada Senin, 14 oktober 2024.--Dok. Kominfo

HARIAN DISWAY - Dalam rangka memperingati Hari Pos sedunia 2024 atau 150 tahun Universal Postal Union (UPU), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar pameran prangko.

Acara tersebut digelar pada Senin, 14 Oktober 2024 di Lobby Utama Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (kominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan, Indonesia selalu berperan aktif memperkuat kerja sama internasional guna meningkatkan konektivitas dan kualitas layanan pos. 

BACA JUGA:Momen Jokowi dan Prabowo Bersanding Naik Jip Pindad Cek Pasukan Apel Pengamanan Pelantikan Presiden-Wapres

“Prangko yang diluncurkan hari ini merupakan penghormatan Indonesia terhadap sejarah dan dedikasi UPU dalam menjaga konektivitas global, kualitas layanan pos dengan tarif yang terjangkau di seluruh dunia serta membantu anggotanya dalam mengembangkan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan zaman,” ujar Budi Arie.

Selain itu, ia juga menyebut bahwa prangko bukan hanya sekadar alat pembayaran pengiriman surat. Tapi juga simbol nilai sejarah. Melalui prangko, setiap orang tidak hanya mengetahui sejarah, tapi juga mengembangkan terobosan dalam dunia pos.

“Dengan peluncuran prangko ini, saya berharap dapat memperkuat peran prangko dalam tatanan dunia yang makin terkoneksi,” tuturnya.

BACA JUGA:Jokowi-Prabowo Senantiasa Kompak Jelang Pelantikan, Pengamat: Adem Disukai Rakyat

Karenanya, Menkominfo mengapresiasi dukungan PT. Pos Indonesia, Perum Peruri, dan mitra lain dalam penerbitan Prangko Seri 150 Tahun UPU.

“Saya juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara ini. Semoga acara ini dapat mendorong inovasi di bidang pos, terutama dalam menghadapi tantangan era digital sekaligus makin meningkatkan peran pos dan dan menumbuhkan bibit filateli baru di Indonesia,” jelasnya.

Dalam rangkaian peringatan 150 tahun UPU, perwakilan Indonesia mencatatkan prestasi. Yakni juara II dalam 53rd International Letter Competition for Young People 2024 yang direbut Nayra Novelia Kusuma dari SMP Telkom Bandung. 

BACA JUGA:Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden: 15.000 Personel Dikerahkan Ke Titik-Titik Strategis

Juga penghargaan “Rising Star in Postal Development” atas transformasi signifikan Pos Indonesia, dan Juara I pada UPU Trade Post Award 2024 untuk kategori inisiatif publik dalam mendukung perdagangan inklusif melalui pos.

Setelah meluncurkan Prangko Seri 150 Tahun Universal Postal Union (UPU) serta membuka Pameran Prangko, Menteri Budi Arie bersama Wamenkominfo Nezar Patria menandatangani Sampul Hari Pertama (SHP) Prangko 150 tahun perhimpunan Pos Sedunia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: