Whoosh Layani 5,8 Juta Penumpang dalam Setahun, Revolusi Transportasi Jakarta-Bandung

 Whoosh Layani 5,8 Juta Penumpang dalam Setahun, Revolusi Transportasi Jakarta-Bandung

Kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung menjadi transportasi andalan warga.-Humas PT KCIC-

Meski ada penambahan jumlah perjalanan, keselamatan dan ketepatan waktu Whoosh serta pelayanan kepada penumpang tetap dapat dijaga dengan baik.

BACA JUGA:70 Ribu Tiket Whoosh Ludes Terjual Jelang Long Weekend

Secara total terdapat 5,45 juta penumpang kelas Premium Economy atau sebesar 94% dari total penumpang Whoosh. 

Sedangkan penumpang First Class yang telah dilayani 112 ribu penumpang atau 2% dan Business Class sebanyak 233 ribu penumpang atau 4% dari total penumpang Whoosh. 

Sebanyak 96% penumpang Whoosh merupakan penumpang domestik dan 4% merupakan penumpang internasional.

Stasiun Halim menjadi stasiun dengan pemberangkatan penumpang Whoosh tertinggi yaitu sebanyak 2,9 juta penumpang. Diikuti stasiun Padalarang dengan 2 juta penumpang, dan stasiun Tegalluar Summarecon dengan 733 ribu penumpang. 

Rute Halim - Padalarang PP masih mendominasi dengan kisaran 80% dari total seluruh perjalanan penumpang. Sisanya sebanyak 20% penumpang memilih rute Halim - Tegalluar Summarecon PP. 

BACA JUGA:Para CEO Kereta Api di ASEAN Penasaran Jajal Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung

“Untuk membangun budaya menggunakan transportasi umum, KCIC terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak guna meningkatkan aksesibilitas seluruh stasiun Whoosh,” imbuhnya.

Konektivitas dengan LRT Jabodebek, Bus Transjakarta, Bus Trans Metro Pasundan, Commuter Line Bandung Raya, KA Feeder Kereta Cepat, Bus ke bandara, dan berbagai moda lainnya untuk menuju destinasi lanjutan dibangun guna memudahkan penumpang bermobilitas melalui transportasi yang terintegrasi.

Berdasarkan survey yang dilakukan pada pertengahan 2024, sebanyak 41% penumpang Whoosh berusia pada rentang 16 - 25 tahun, diikuti penumpang dengan usia 26 - 35 tahun sebanyak 28%. 

BACA JUGA:Bantal Sandaran Kursi di Kereta Cepat Whoosh Sering Hilang, KCIC Lacak Pelaku via 44 CCTV!

Kemudian sebanyak 55% dari penumpang Whoosh merupakan pegawai swasta dan 19% merupakan pegawai pemerintah. Masyarakat yang menggunakan Whoosh untuk berlibur atau berwisata mencapai 44% dan untuk perjalanan bisnis mencapai 34%.


Potret Whoosh Jakarta-Bandung melintas di sebuah jembatan.-Humas PT KCIC-

Menurut masyarakat, sebanyak 45% pengguna Whoosh sebelumnya memilih menggunakan mobil untuk bepergian antara Jakarta dan Bandung. Sedangkan 25% lainnya memilih menggunakan bus atau travel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: