Kontroversi Penalti Lando Norris di F1, McLaren Protes Keputusan Steward

Kontroversi Penalti Lando Norris di F1, McLaren Protes Keputusan Steward

Tangkap layar dari unggahan video Formula 1 di akun twitter @F1, terkait momentum saat keduanya keluar tikungan 12, terlihat mobil Lando Norris (kiri) berada di titik terluar garis pembatas lintasan, dibandingkan mobil Max Verstappen (kanan) pada GP-Ameri--Twitter Formula 1 @F1

HARIAN DISWAY - Lando Norris harus rela kehilangan podium di Grand Prix Amerika Serikat setelah menerima penalti lima detik dari pengawas balapan, membuatnya finis di posisi keempat.

Kepala tim McLaren, Andrea Stella, menyatakan ketidakpuasannya atas keputusan tersebut, menyebutnya sebagai sesuatu yang "tidak tepat" dan merugikan peluang Norris untuk meraih hasil lebih baik di balapan yang ketat.

Kepala tim McLaren, Andrea Stella, sedikit kurang puas dengan keputusan pengawas balapan Grand Prix Amerika Serikat pada hari Minggu, 20 Oktober 2024 lalu.

Setelah Steward Sirkuit memberikan penalti kepada Lando Norris atas aksinya saat menyalip Max Verstappen di Austin, Stella menggambarkan keputusan tersebut sebagai sesuatu yang "tidak tepat."

Tim McLaren F1 mendapati diri mereka berselisih dengan pengawas balapan setelah Norris menyalip Verstappen pada Putaran ke-52 dan menerima hukuman penalti waktu lima detik karena dianggap memperoleh keuntungan di luar lintasan.

BACA JUGA:Finis 1-2 di GP Las Vegas, Leclerc Optimistis Ferrari Masih Mampu Kejar Juara Dunia

BACA JUGA:GP Las Vegas: Duo Ferrari Podium 1-2, Lando Norris dan Max Verstappen Bertarung Sengit

Kejadian tersebut bermula ketika kedua pembalap hampir bersamaan memasuki Tikungan 12 (belokan kiri), dengan mobil Max Verstappen (Oracle Red Bull F1) melaju berdampingan dengan mobil Lando Norris (McLaren F1).

Verstappen, yang berada di sebelah kiri, sudah menguasai garis dalam (bertahan dengan “racing line”-nya). Pada saat yang sama, Norris mencoba menyalip dari sisi luar (kanan Verstappen).

Saat memasuki Tikungan 12, keduanya sama-sama melebar, melewati garis putih di sisi kanan lintasan. Ketika mereka kembali ke jalur, mobil Lando Norris berada di depan Max Verstappen.

Beberapa menit setelah momen tersebut, Steward Sirkuit menginformasikan penalti lima detik untuk Norris atas manuvernya yang dianggap “liar” dan berbuah keuntungan di lintasan.

Hukuman ini membuat Lando Norris finis di posisi keempat, tepat di belakang Max Verstappen, sekaligus kehilangan kesempatan untuk meraih podium ke-12 sepanjang musim 2024.

Namun, pihak McLaren F1 bersikeras bahwa Norris berada di posisi yang benar dan seharusnya mempertahankan posisinya.

BACA JUGA:Drama Kualifikasi GP Amerika: Norris Raih Pole Position Dibantu George Russell

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: