Kemenperin dan Dekranas Dorong IKM Kerajinan Naik ke Pasar Global

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), Reni Yanita.--
JAKARTA, HARIAN DISWAY – Industri kerajinan Indonesia kini tengah didorong untuk naik kelas. Dorongan agar tidak hanya berjaya dalam negeri, melainkan juga mampu bersaing di pasar global.
Upaya peningkatan kelas ini dilakukan melalui kolaborasi antara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Keduanya gencar melakukan sosialisasi perihal pentingnya penguatan identitas merek (brand identity) bagi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) kerajinan.
“Nilai budaya yang tercermin dari produk kerajinan Indonesia merupakan sebuah kekuatan (strength) bagi IKM kerajinan,” tegas Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa, 16 September 2025.
BACA JUGA:Kemenperin Beri Insentif Pameran GIIAS Surabaya 2025, Genjot Daya Beli Masyarakat
BACA JUGA:Kemenperin Bentuk Pusat Krisis Industri Pengguna HGBT
Menurutnya, penguatan identitas merek akan menjadi efektif jika dijalankan bersamaan dengan strategi pemasaran yang konsisten. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) di bawah kepemimpinan Reni Yanita secara berkelanjutan mendorong program pembinaan dan edukasi branding.
“Identitas jenama pada IKM kerajinan diperlukan untuk menegaskan eksistensi dan ciri khas produk. Identitas yang kuat mampu memberikan ikatan emosional pada konsumen,” jelas Reni.
Menambahkan, Reni mengatakan kerajinan lokal tidak hanya bernilai ekonomi. Tetapi juga menjadi wadah untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia.
BACA JUGA:Kemenperin Selesaikan Regulasi Turunan PP Perwilayahan Industri
BACA JUGA:Penuhi Kewajiban Sanksi Kemenperin, Apple Libatkan GVC Untuk Berinvestasi
Webinar hingga Program Peningkatan Kapasitas IKM
Salah satu upaya nyata program ini yakni pelaksanaan webinar bertajuk “Karya, Cerita, dan Identitas: Membangun Brand Identity Produk Kerajinan Unggulan” pada Agustus 2025 lalu.
Acara ini digelar dalam rangka HUT Dekranas ke-45. Dengan menghadirkan pakar ekspor UMKM asal Belanda, Liena Mahalli serta CEO IKM Studio Dapur, Mega Puspita.
Selain webinar, Ditjen IKMA jug rutin memberikan dukungan lain. Antara lain Sertifikasi produk kerajinan; Pendampingan ekspor; Pengembangan sentra produksi; Fasilitasi pameran dalam dan luar negeri; Reimburse pembelian mesin dan peralatan; Layanan kemasan dan Kekayaan Intelektual; dan Edukasi pemasaran digital & manajemen bisnis.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: