MBG dan Ambisi Generasi Emas 2045

MBG dan Ambisi Generasi Emas 2045

ILUSTRASI MBG dan Ambisi Generasi Emas 2045.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

NARASI tentang generasi emas sudah tak asing terdengar di telinga kita, terutama diucapkan kelompok elite yang sedang mengajak masyarakat untuk membangun mimpi kejayaan Indonesia pada 2045. Salah satu target yang ingin dicapai pada masa ”kejayaan” itu adalah lahirnya generasi unggul. 

Pemerintah menyadari bahwa cara untuk mencetak generasi yang dapat diandalkan adalah melalui peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia itu sendiri. Salah satu cara yang digunakannya adalah melalui program Makan Bergizi Gratis (MBG). 

Pemerintah berdalih bahwa generasi sehat merupakan fondasi untuk mencetak generasi unggul. Maka, MBG adalah program yang digadang-gadang akan menjadi instrumen penting dalam mencetak generasi emas tahun 2045. 

BACA JUGA:Uji Diskresi Program MBG

BACA JUGA:MBG, Mengawal Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Menurut Qomarullah dkk (2025), MBG berpotensi dapat menurunkan angka tengkes dan malanutrisi pada anak sekolah.  

Sebagai masyarakat sipil, kita perlu memberikan sejumlah catatan kritis yang tak boleh diabaikan agar program itu bukan sekadar ”gula-gula” pemerintahan. Mengingat, belakangan ini MBG sedang banyak disorot karena banyaknya ”konsumen” yang keracunan. 

Menurut catatan Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI), sejak Januari hingga September 2025, sudah ada 6.452 kasus keracunan terkait MBG di 18 provinsi. Catatan merah itu sebaiknya menjadi momentum untuk mengevaluasi program unggulan tersebut agar tak ada korban jiwa selanjutnya. 

BACA JUGA:Quo Vadis Kapasitas Kebijakan MBG

BACA JUGA:Video Siswa SD Cium MBG, Langsung Kabur: Viral Semangka Muntah

DILEMA PEMERINTAH: ANTARA GIZI DAN PENDIDIKAN

Pada dasarnya, memang pendidikan dan gizi adalah dua wajah dari mata uang yang sama. Data Badan Pusat Statistik (2024) menunjukkan angka bertahan siswa hingga kelas VI SD sudah menyentuh 96,20 persen. Sebuah capaian membanggakan, meski kualitas belum sepenuhnya setara di setiap daerah. 

Indeks literasi dan numerasi memang membaik –68,13 persen siswa mencapai standar literasi dasar pada 2023, naik signifikan dari 59,49 persen pada 2022. Namun, kesenjangan antarwilayah dan keterbatasan sarana belajar masih menjadi masalah nyata.

Sementara itu, dalam sektor gizi, pemerintah masih berhadapan dengan masalah tengkes. Kehadiran MBG berpotensi menjadi intervensi penting. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: