Festival Film Sacra Cinema 2024: Peringatan Hari Komunikasi Sosial Sedunia, Wartakan Injil Lewat Sosial Media

Minggu 12-05-2024,21:46 WIB
Reporter : Agustinus Fransisco
Editor : Agustinus Fransisco

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Keuskupan Surabaya memiliki cara khusus untuk memperingati Hari Komunikasi Sosial Sedunia. Tim Komunikasi Sosial (Komsos), Orang Muda Katolik (OMK), dan penggiat media di Keuskupan Surabaya ditantang dengan membuat film. 

Lomba dan Festival Film itu diberi nama Sacra Cinema 2024. Festival tersebut menampilkan fokus yang lebih mendalam pada ide-ide dan tema yang terpancar dalam karya-karya para peserta. 

Gagasan itulah yang ingin digulirkan dan diselenggarakan oleh Keuskupan Surabaya. Yakni, untuk mendorong kreativitas umat muda Katolik di Keuskupan Surabaya dalam mewartakan Injil. 

BACA JUGA:Paus Fransiskus Akan Datang Ke Indonesia, Menag: Kado Istimewa Bagi Umat Katolik

Penghargaan kepada juri Festival Film Sacra Cinema 2024, 11 Mei 2024-Komsos Hati Kudus Yesus-

"Tahun ini kami memilih untuk memberi penekanan pada kemunculan ide-ide dan tema dalam film-film yang dipresentasikan oleh peserta festival," ungkap Romo Theo Elno Respati, Ketua Komisi Komsos Keuskupan Surabaya, Sabtu, 11 Mei 2024. 

Menurut Romo Theo, mayoritas peserta telah memiliki keahlian teknis yang memadai dalam produksi film. "Karena itu, tahun ini kami memberikan prioritas pada ide atau tema karya mereka. Hal itu cukup menarik mengingat kemampuan teknis yang dimiliki oleh peserta," tambah Romo Theo.

Dari penilaian juri, karya-karya film yang dipresentasikan oleh peserta festival kali ini sangat bervariasi dan mengangkat cerita-cerita yang beragam, meskipun dengan tema yang sama.

BACA JUGA:Misa Minggu Palma, Umat Katolik Awali Pekan Suci Menjelang Paskah

21 peserta Festival Film Sacra Cinema 2024 dari Keuskupan Surabaya-Komsos Hati Kudus Yesus-

"Tema festival tahun ini adalah Menghayati Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik. Dari tema itu, muncul beragam karya film atau visual yang menarik," jelas Romo Theo tentang tema Festival Fim Sacra Cinema 2024. 

Sebanyak 21 karya film dihasilkan oleh tim pembuat film dari lebih dari 50 persen total jumlah paroki di Keuskupan Surabaya yang berjumlah 46 paroki itu. Tentu, itu adalah sebuah angka yang sangat memuaskan.

BACA JUGA:OMK Hati Kudus Yesus dan Kevikepan Surabaya Selatan Rayakan Hari Bumi dengan Aksi Nyata: Tanam 1000 Bibit Mangrove

Acara puncak Festival Film Sacra Cinema adalah awarding yang digelar di aula lantai 2 Gereja Katolik Parki Hati Kudus Yesus Katedral, Surabaya.

"Sebenarnya sudah lama Gereja memperhatikan komunikasi sosial. Sudah ada beberapa dokumen Gereja yang membahas soal itu. Semoga semua media menjadi sarana untuk mewartakan keselamatan dan kabar gembira," kata Romo Eko Budi Susila, Administrator Diosesan Kuskupan Surabaya, 11 Mei 2024. 

Festival Film Sacra Cinema 2024 juga dikemas seperti bioskop pada umumnya. Sebelum masuk, peserta diberikan tiket yang juga sama persis seperti tiket bioskop. Terterta nama acara, tempat, serta jam tayang film.

BACA JUGA:Khidmatnya Kamis Putih di Paroki Hati Kudus Yesus, Mulai Pembasuhan Kaki hingga Upacara Tuguran

Kategori :