SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dalam era digital, media sosial telah menjadi salah satu alat utama untuk menyebarkan informasi dengan cepat dan efektif. Hal itu mendorong berbagai kantor berita untuk mengoptimalkan platform media sosial, termasuk Instagram, guna menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam.
Thirza Renanda, mahasiswa semester 6 yang aktif berkuliah pada program studi Ilmu Komunikasi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, memaksimalkan kegiatan magangnya untuk mengulik lebih dalam mengenai pemanfaatan Instagram sebagai media baru bagi kantor berita.
Melalui kegiatan magang selama empat bulan dari Februari hingga Juni di Harian Disway, dia dan teman-teman lainnya berkesempatan untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengelolaan berita dan nilai-nilai yang melayakkan berita muncul di masyarakat.
BACA JUGA: Tip Strategi Content Marketing yang Efektif untuk Social Media Specialist
Harian Disway adalah media cetak dan online yang memulai jejak pertamanya pada 4 Juli 2020. Media itu berkomitmen untuk menyajikan berita yang akurat, faktual, dan tidak berpihak.
Harian Disway berupaya untuk konsisten memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada masyarakat, dengan menyatukan beberapa platform dan menciptakan sebuah sistem yang dapat dikontrol secara digital.
Dalam mewujudkan komitmen tersebut, Harian Disway menerapkan news value atau nilai berita dalam menentukan konten-konten yang akan dimuat di media massa.
BACA JUGA: Serunya Magang sebagai Kreator Konten Media Sosial di Media Mainstream
BACA JUGA: Catatan Magang MBKM di Harian Disway, Dejavu Nulis Berita NBA
News Value atau nilai berita merupakan konsep yang mengidentifikasi faktor-faktor yang membuat suatu peristiwa layak atau tidak untuk diberitakan. Penerapan nilai berita pada konten media sosial berbeda dengan media konvensional karena karakteristik dan dinamika audiens yang berbeda.
Harian Disway memiliki strategi dalam penerapan nilai berita dalam menarik pelanggan. Dengan begitu, mereka memiliki pelanggan tetap dan stabil dalam menggunakan platform mereka sebagai sumber berita.
Penulis berkesempatan menggali lebih dalam mengenai strategi nilai berita melalui staf Harian Disway yang berada di bidang social media specialist sekaligus pengelola akun @harian.disway yang merupakan Instagram resmi Harian Disway.
BACA JUGA: Catatan Magangku, Tiga Bulan Jadi Sosmed Specialist Harian Disway
BACA JUGA: Magang Seru sebagai Social Media Specialist di Harian Disway