HARIAN DISWAY - Salah satu dampak dari semakin berkembangnya teknologi digital adalah semakin banyaknya pilihan produk ketika berbelanja. Untuk itu, perlu upaya untuk mendorong minat masyarakat untuk memilih produk lokal.
Hal inilah yang menurut Shopee perlu perhatian yang serius. Shopee terus berkomitmen untuk mendukung UMKM dan brand lokal di Indonesia. Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah melalui inisiatif "Shopee Pilih Lokal".
"Shopee Pilih Lokal" hadir sebagai pilar utama Shopee untuk mendorong produk lokal semakin dicintai di Tanah Air. Fitur ini telah berhasil menarik lebih dari 29 juta pengunjung selama paruh pertama tahun 2024.
BACA JUGA: Bisa Ditiru! 8 Tips Ria Ricis Sukses Jadi Content Creator di Shopee Live dan Shopee Video
Shopee Pilih Lokal menjadi ruang istimewa bagi pengguna untuk mencari beragam koleksi produk-produk lokal favorit yang unggul dan berkualitas.
Inisiatif ini juga menjadi pintu bagi para pelaku usaha UMKM dan brand lokal untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas dan memperkuat brand awareness mereka di tingkat nasional.
Dengan pendekatan yang inklusif dan terintegrasi, Shopee berusaha memberikan peluang yang sama bagi UMKM dan brand lokal di seluruh Indonesia, tidak hanya di kota besar tetapi juga di daerah-daerah lainnya.
Upaya Shopee ini diharapkan dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi domestik dan memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia.
Shopee berupaya mendorong semangat untuk memilih produk lokal hingga ke berbagai daerah-istimewa-
Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna menuturkan bahwa pihaknya bangga dalam semester awal ini karena Shopee dapat berkontribusi menciptakan pasar yang positif. Bahkan tidak hanya kepada para pelaku usaha lokal di pusat-pusat perkotaan.
Para UMKM dan brand lokal yang berdomisili di daerah-daerah seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto termasuk ke dalam daerah dengan peningkatan transaksi tertinggi di tahun ini.
"Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal dari berbagai daerah memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat untuk menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif,” ungkap Monica.
Animo pengguna Shopee di berbagai pulau Indonesia dalam berburu produk incaran juga terlihat dari tren produk lokal paling dicari. Jika dilihat dari sudut pandang geografis dan terbagi berdasarkan letak wilayah dan waktu.
- Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB): Sumatera hingga Jawa
Dimulai dari ujung Barat Indonesia, berbagai produk Fashion seperti Celana Perempuan, dan Batik menjadi ragam produk lokal yang paling banyak dibeli masyarakat seiring pesatnya perkembangan tren fashion di dua pulau ini. Menariknya, kuliner khas seperti cemilan Keripik Pisang dari kategori Food & Beverage tak kalah ketinggalan mendominasi produk terlaris di tahun ini. - Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA): Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara
Beralih ke sisi Tengah Indonesia, sebagai pulau-pulau yang terkenal dengan tempat wisatanya, produk dari kategori Kecantikan seperti Sunscreen menjadi produk paling dicari oleh masyarakat saat ini. Sepertinya tengah tahun ini memang menjadi waktu terbaik untuk menyambut musim liburan, karena produk dari kategori Fashion dan Aksesoris, seperti Sandal dan Kacamata juga menjadi daftar pencarian tertinggi. - Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT): Maluku & Papua
Mengikuti kemajuan era digital saat ini, kebutuhan akan produk berteknologi tinggi dari kategori Handphone dan Aksesoris seperti Case HP menjadi produk yang paling dicari masyarakat di pulau yang berada di ufuk Timur Indonesia. Tak ketinggalan, kebutuhan Home & Living, seperti Rak Piring dan Gorden untuk Jendela turut menjadi daftar produk yang paling dicari di pertengahan tahun ini.