Klarifikasi Pemkot Surabaya soal Lampu stadion G10N yang Redup di pertandingan Piala AFF U-19 2024

Sabtu 20-07-2024,13:39 WIB
Reporter : Novia Herawati
Editor : Noor Arief Prasetyo

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Penerangan di Stadion Gelora 10 November (G10N) Surabaya sedang menjadi sorotan. Pasalnya, salah satu lampu di stadion tersebut redup saat pertandingan Piala AFF U-19 2024 sedang berlangsung.

Kejadian tersebut tepat saat laga berjalan antara Vietnam melawan Myanmar pada Kamis, 18 Juli 2024 kemarin. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tak tinggal diam. Ia segera memberikan klarifikasinya terkait insiden yang dikeluhkan oleh Tim Nasional Vietnam tersebut. 

BACA JUGA:Pemkot Surabaya Tambah Daya Listrik Stadion G10N untuk Piala AFF U-19

“Protes Vietnam kemarin itu terkait dengan lampu. Lampu itu sebenarnya masih dalam kategori baik, karena kemarin dalam pelaksanaannya sudah dicek sama teman-teman PSSI dan PLN," ujar Eri Cahyadi dalam keterangannya, Sabtu, 20 Juli 2024.

Namun begitu, Eri mengakui bahwa memang ada satu lampu di stadion G10N yang terpaksa dipadamkan oleh PLN saat pertandingan Vietnam melawan Myanmar.

Ini karena lampu tersebut diketahui dalam kondisi panas berlebih. "Tetapi setelah itu alhamdulillah sudah diperbaiki dan sekarang (penerangan) sudah menjadi normal kembali," imbuhnya.

Di sisi lain, Eri menegaskan bahwa jumlah lampu di G10N sudah memenuhi syarat yang ditetapkan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). 

"Minimal 1.200 (Lux), lampu kita di atas itu, yang 100 watt mati tetapi menurut PSSI itu kemarin adalah kategori wajar, masih bisa dilanjutkan pertandingannya,"  paparnya.

BACA JUGA:Amankan Piala AFF U-19 di Tambaksari, Satpol PP Patroli Langit, Usir Layang-layang!

Terakhir, ia memastikan kondisi penerangan di G10N sudah kembali terang dan siap digunakan untuk pertandingan-pertandingan Piala AFF U-19 berikutnya. 

"Karena itu dari PLN-nya, dari kabel-kabel PLN. Jadi yang mengerjakan kemarin kan dari PLN-nya, bukan pemerintah kota. InsyaAllah semuanya sudah clear (selesai)," tandas Eri. (*)

Kategori :