RAPBN 2025 Bertema Stabilitas, Inklusivitas, dan Keberlanjutan, Berikut Daftar Prioritas Anggaran di Pemerintahan Tahun Depan

Minggu 18-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Navara Darisya Salma*)
Editor : Taufiqur Rahman

BACA JUGA:Jokowi Ungkap Capaian Pembangunan 10 Tahun: Jalan, Jembatan, Pelabuhan, hingga Bandara

Strategi Kebijakan Jangka Pendek RAPBN 2025 yang disampaikan Presiden Jokowi adalah program Makan Bergizi Gratis (MBG) dan program percepatan renovasi sekolah.

Makan Bergizi Gratis akan difokuskan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM, dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah.

"Program Makan Bergizi Gratis dilakukan secara bertahap, diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel," tambah Jokowi.

BACA JUGA:Paskibraka Berjilbab Jangan Dilarang Lagi, MUI Minta Jokowi Berhentikan Kepala BPIP

Percepatan renovasi sekolah dijelaskan Jokowi untuk meningkatkan akses, kualitas, dan akses pendidikan dengan dunia usaha, dan pembangunan sekolah unggulan.

Jokowi menambahkan pula strategi mendorong produktivitas, menjaga pasokan dan keterjangkauan harga pangan dengan penguatan lumbung pangan dan jaringan irigasi.

"Serta untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, dipelukan peningkatan pembiayaan rumah murah untuk rakyat dan peningkatan permodalan bagi UMKM," imbuhnya.

BACA JUGA:Jokowi Minta Maaf di Sidang Tahunan MPR 2024: Kami Sudah Mengupayakan yang Terbaik

Sedangkan strategi kebijakan jangka menengah, Jokowi berfokus pada delapan poin untuk menggabungkan transformasi ekonomi menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Delapan Strategi Kebijakan Jangka Pendek RAPBN adalah berikut.

1. Perwujudan SDM Unggul

2. Hilirisasi dan Transformasi Hijau

3. Inklusivitas dan Berkeadilan

4. Pembangunan Infrastruktur 

5. Reformasi Birokrasi & Penyederhanaan Regulasi

Kategori :