Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Perkuat Ketahanan Pangan, 3 Pilar Desa Sumbermujur Kompak Pantau Lahan Pertanian

Rabu 11-09-2024,15:18 WIB
Reporter : Elsa Amalia Kartika Putri*)
Editor : Noor Arief Prasetyo

Ia berharap Desa Sumbermujur ke depan bisa menjadi desa yang swasembada pangan dan terus mengalami peningkatan hasil pertanian.

Tidak hanya pemerintah desa, Bhabinkamtibmas Bripka Yayong Pamoko dan Babinsa Serda M. Turmudzi A juga turut terlibat aktif. Terutamadalam memantau dan memperkuat ketahanan pangan di desa tersebut. 

Serda Turmudzi, yang berasal dari keluarga petani, bahkan sering turun langsung membantu warga menanam padi dan membajak sawah. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pertemuan RT/RW Kanigoro sebagai Jembatan Komunikasi Warga dan Pemerintah

Menurutnya, perintah dari Kepala Staf Angkatan Darat untuk mendukung ketahanan pangan diwujudkan melalui pengawasan infrastruktur pertanian. Kegiatan tersebut ditunjukan seperti sistem pengairan dan pemupukan.

Ketahanan pangan ini sejalan dengan Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi (RAN-PG) 2021-2024. Yang menjadi landasan utama pembangunan nasional yang inklusif dan merata. 

Indonesia memiliki peluang besar memanfaatkan bonus demografi, Namun hal ini hanya dapat tercapai jika kualitas sumber daya manusia dipersiapkan sejak dini, dan salah satu kuncinya adalah terpenuhinya kebutuhan pangan yang seimbang dan berkualitas. (*)

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Tiga Desa dari Kabupaten Lumajang Miliki UMKM Menarik

*) Elsa Amalia Kartika Putri, Mahasiswi Politeknik Negeri Malang, Mahasiswi Program Magang Regular di Harian Disway

Kategori :