Rapat dan Healing Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Unair: Jalan-Jalan Bersama, Belajar Membahas OBE

Selasa 08-10-2024,05:55 WIB
Oleh: Rahma Sugihartati*

Dalam pelaksanaan OBE, pendidikan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan, tetapi juga outcome. Secara sederhana, kurikulum itu menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, efektif, serta interaktif. 

OBE adalah metodologi pengajaran dan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, yakni penyampaian mata kuliah dan penilaian direncanakan untuk mencapai tujuan dan hasil yang ditetapkan. Metode itu berfokus pada pengukuran kinerja mahasiswa, yaitu hasil pada berbagai tingkatan. 

Bagi kami, para dosen, OBE termasuk metode baru yang belum lama kami praktikkan. Dengan sharing pengalaman satu dengan yang lain, kami akhirnya menjadi lebih memahami bagaimana mengimplementasikan metode OBE dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. 

Pertemuan bersama sekaligus jalan-jalan bersama adalah momen produktif yang memungkinkan kami saling berbagai informasi. Sebagai pendidik, kapan pun dan di mana pun, kami memang selalu menyempatkan waktu untuk berdiskusi dan belajar bersama. (*)

 


*) Rahma Sugihartati adalah guru besar sains informasi FISIP, Universitas Airlangga.

 

Kategori :