Rapat dan Healing Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Unair: Jalan-Jalan Bersama, Belajar Membahas OBE

Selasa 08-10-2024,05:55 WIB
Oleh: Rahma Sugihartati*

PEKAN INI adalah hari-hari sedang berlangsung ujian tengah semester (UTS) di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga (Unair). Dosen-dosen Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan (IIP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair memanfaatkan jeda pekan ujian ini untuk melaksanakan rapat informal membahas outcome based education (OBE) sekaligus healing di Banyuwangi. Sebanyak 12 dosen berangkat ke Banyuwangi dengan bus mini. Kami berangkat Kamis, 3 Oktober 2024. 

Rombongan dipimpin dosen senior di departemen IIP, yakni Dr Koko Srimulyo –yang kebetulan adalah sekretaris Universitas Airlangga. Koko menyempatkan waktu menemani dan mengoordinasi kami semua untuk rapat di Banyuwangi sekaligus melepas penat. 

Dalam acara rapat dan healing kali ini, ada satu acara sisipan yang sengaja kami siapkan. Yakni, acara pelepasan secara informal salah seorang dosen senior di departemen IIP yang baru saja memasuki masa purnatugas. Dosen senior itu bernama Dr Tri Susantari MSi.

BACA JUGA:Rapat Kerja dan FGD Ketua Departemen Universitas Airlangga di Labuan Bajo (1): Membangun SDM yang Adaptif dan Tangguh

BACA JUGA:Rapat Kerja dan FGD Ketua Departemen Universitas Airlangga di Labuan Bajo (2): Healing Sejenak Menikmati Budaya Desa Melo

BACA JUGA:Rapat Kerja dan FGD Ketua Departemen Universitas Airlangga di Labuan Bajo (3-Habis): Peran Pemimpin Mewujudkan Universitas Berkelas Dunia

Bu Tri –panggilan akrabnya– termasuk salah seorang pionir atau dosen generasi pertama berdirinya program studi ilmu informasi dan perpustakaan. Waktu itu namanya program studi D-2 teknisi perpustakaan. Prodi D-2 perpustakaan didirikan pada 1981 di bawah naungan FISIP. 

Pada 1989 program studi D-2 itu berubah menjadi program studi D-3 yang berada di bawah naungan departemen informasi dan perpustakaan. 

Pada 2014 program studi D-3 perpustakaan akhirnya berpindah ke fakultas vokasi. Sementara itu, di FISIP Universitas Airlangga sejak 2003 telah berdiri program studi S-1 ilmu informasi dan perpustakaan. Tahun 2024 tidak hanya program studi S-1, di tahun ini juga di FISIP telah resmi didirikan program studi magister sains informasi dan perpustakaan. 

Itu adalah program magister ketujuh yang didirikan FISIP Unair untuk merespons permintaan lulusan S-1 dan pasar yang membutuhkan dapat melanjutkan kuliah di jenjang S-2 bidang ilmu informasi dan perpustaakan di Universitas Airlangga.

BACA JUGA:Rapat Pleno Senat Akademik Universitas Airlangga (1): Mencari Pemimpin Transformatif Unair ke Depan

BACA JUGA:Rapat Pleno Senat Akademik Universitas Airlangga (2-Habis): Mengejar dan Mendongkrak Reputasi Global

MELEPAS KOLEGA

Sebagai salah seorang dosen senior, Tri Susantari sayangnya telah memasuki masa purnatugas justru saat program studi S-2 sains informasi dan perpustakaan berdiri. Sebagai program studi baru, S-2 Sains informasi dan perpustakaan sesungguhnya sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berpengalaman. 

Tri Susantari yang sudah mengabdikan diri menjadi dosen di FISIP Unair hingga lebih dari 30 tahun masih kami libatkan dalam kegiatan pembelajaran di program studi S-2 sains informasi dan perpustakaan.

Kategori :