Bapas Surabaya Ajak Masyarakat Cegah Kejahatan Anak dan Remaja

Minggu 13-10-2024,10:51 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Bapas Surabaya (Bassura) mengajak orang tua untuk lebih memahami pendidikan bagi anak remaja, terutama dalam rangka mencegah terjadinya kejahatan anak dan remaja. 

Program yang dinamakan Ketumbar (Kelompok Cerita Untuk Mencegah Kenakalan Remaja) itu digelar di Griya Abhipraya Porong Bapas Surabaya, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Kali ini menghadirkan ibu-ibu dari kelurahan Juwet Kenongo, Porong, Sodoarjo. Berkolaborasi dengan konsultan dari Plato dan Mahasiswa Psikologi dari Universitas Surabaya dan Universitas Negeri Surabaya.

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Akselerasi Kinerja dan Penyerapan Anggaran Jelang Akhir 2024

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Gelar Pemeriksaan Substantif Empat Pemohon Kewarganegaraan RI

Rangkaian acaranya meliputi pemaparan, diskusi tanya-jawab, kolaborasi Bapas Surabaya yang dihadiri Kepala Seksi BKD Heka Sandiar Putra dan Ade Septian Pembimbing Kemasyarakatan dengan Mahasiswa Psikologi Universitas Surabaya dan Universitas Negeri Surabaya dan Pokmas Lipas Plato Surabaya. 

Sesi dilengkapi sharing session. Para ibu dapat mengkonsultasikan permasalahan parenting yang dialami secara langsung.

Di era globalisasi ini, mereka membutuhkan ilmu parenting untuk menghadapi anak kami yang telah masuk ke usia remaja dan kecanduan gadget.

“Dengan adanya program Ketumbar di Griya Abhipraya Porong Bapas Kelas I Surabaya kami menemukan solusi dari permasalahan yang kami hadapi,” ungkap Siti Maimunah, salah satu warga yang mengikuti kegiatan.

BACA JUGA:Kemenkumham Jatim Raih Predikat Terbaik I atas Kinerja Penegakan dan Pelayanan Hukum Bidang KI

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Jatim Siap Wujudkan Renaksi dan Target DJKI 2025

Program itu telah mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat. Lurah Juwet Kenongo Isnaeni mengapresiasi adanya program Ketumbar di Griya Abhipraya.

“Kami sangat mengapresiasi karena program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama untuk para ibu di kelurahan Juwet Kenongo dalam mendidik anak-anak agar terhindar dari tindak kriminal," ungkapnya

Ya, program Ketumbar memang dilahirkan untuk menyikapi tingginya kasus pidana anak di wilayah kerja Bassura. 

Program itu menitikberatkan pada langkah preventif, pencegahan kenakalan atau kejahatan anak dimulai dari pola asuh di rumah. 

Kategori :