IKA FH Unesa Resmi Berdiri, Jadi Wadah untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan

Sabtu 26-10-2024,19:54 WIB
Reporter : Michael Fredy Jacob
Editor : Taufiqur Rahman

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akhirnya terbentuk.

Pengurusnya dilantik di Aula FH Unesa, Sabtu 26 Oktober 2024.

“Ini sudah 15 tahun penantian kami. IKA FH Unesa ini merupakan cita-cita bersama kami sebagai alumni. Akhirnya, baru sekarang bisa berdiri,” kata Ketua IKA FH Unesa R Fauzi Zuhri Wahyu Pradika saat ditemui usai pelantikan.

Ia menegaskan, IKA FH Unesa ini menjadi wadah untuk kolaborasi antara mahasiswa dan alumni untuk membangun fakultas Hukum Unesa lebih baik lagi. Sehingga FH Unesa memiliki daya saing dengan FH di kampus lainnya.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Habiskan Rp 7,1 Triliun untuk Pendidikan Selama 5 Tahun

“FH Unesa ini baru kemarin keluar akreditasi unggulnya. Itu setara dengan akreditasi A. Sehingga, IKA FH Unesa ini menjadi tempat untuk sharing ilmu. Antara mahasiswa dan alumni sebagai orang yang telah berkecimpung di dunia hukum Indonesia,” ucapnya.

Fauzi berharap ulusan dari fakultas hukum dapat bersaing dan membangun hukum di Indonesia lebih baik lagi.

Di tahap awal pelantikan itu, para alumni yang memiliki kantor hukum dan notaris langsung menandatangani kerjasama untuk memfasilitasi belajar mahasiswa.

“Sekarang kan sudah ada namanya merdeka belajar. Sehingga kerjasama ini bisa menjadi tempat bagi mahasiswa untuk lebih meningkatkan ilmu mereka di dunia hukum. Bisa juga untuk magang. Jadi kita memfasilitasi adik-adik kami di FH Unesa ini,” katanya lagi.

 Ia mengungkapkan, banyak alumni FH Unesa yang saat ini menjadi hakim dan jaksa. Mereka pun digandeng untuk memberikan edukasi kepada para mahasiswa. Dalam bentuk dosen tamu atau diskusi non-formal.

BACA JUGA: Potret Kemeriahan Festival Bulan Bahasa dan Seni Unesa 2024

“Saat ini kantor hukum dan notaris yang sudah bekerjasama dengan IKA FH Unesa ada sekitar 15 kantor. Mereka tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi. Ini kan kita baru dilantik,” tegasnya.

Untuk menjaring alumni FH Unesa di berbagai daerah di Indonesia, IKA FH Unesa akan membuka cabang di daerah lain. Hanya saja di tahapan awal ini hanya untuk pengurus provinsi. Setelah itu baru dibangun di kabupaten/kota.

“Nanti kita akan menyiapkan waktu sendiri untuk melakukan pelantikan pengurus DPW (Dewan Pengurus Wilayah) IKA FH Unesa. Ini sedang kita susun. Kami ingin menjaring semua alumni kita untuk memajukan FH Unesa bersama-sama,” ucapnya.

Kategori :