Dramatis, Kroasia Melaju ke Final Euro Setelah Tumbangkan Tuan Rumah Belanda

Dramatis, Kroasia Melaju ke Final Euro Setelah Tumbangkan Tuan Rumah Belanda

Kriasia merayakan kemenangan 4-2 dari Belanda di Semifinal Euro, 15 Juni 2023.-Luca Stanzl/Pixsell-

HARIAN DISWAY - Timnas Kroasia menantikan gelar pertama mereka setelah meraih kemenangan yang mendebarkan melawan Belanda dalam  semifinal UEFA Nations League, 15 Juni 2023 dini hari tadi. Kroasia berhasil melaju ke babak final setelah pemain pengganti Bruno Petkovic mencetak gol spektakuler dari jarak jauh pada babak perpanjangan waktu, disusul dengan penalti Luka Modric.

Kroasia sebenarnya nyaris mengunci kemenangan tanpa babak tambahan. Namun, Gol Noa Lang mengubah skor jadi 2-2 di menit 90 +6. Beruntung saat dua kali perpanjangan waktu, Kroasia tampil lebih mendominasi.

"Ini adalah kemenangan bagi rakyat Kroasia, kami mengalahkan Belanda di depan para penggemar mereka, Kroasia akan mendapatkan satu medali lagi," kata Dalic kepada Nova TV Kroasia setelah pertandingan. "Ini tidak mungkin, tidak nyata, tetapi tim ini pantas mendapatkannya. Pasti kemenangan ini akan menjadi sejarah," tambahnya.

BACA JUGA:Erick Thohir Dorong MES Jatim Maksimalkan Potensi Ekonomi Syariah

BACA JUGA:Katy Saunders Melahirkan Bayi Laki-laki di Roma, Song Joong-ki Bagi Kebahagiaan dengan Fans

Kroasia bangkit dan Petkovic - yang masuk sebagai pemain pengganti di awal babak perpanjangan waktu - mencetak gol luar biasa melewati kiper Belanda, Justin Bijlow. Kemenangan mereka pun tersegel oleh pemain andalan berusia 37 tahun, Modric, melalui penalti empat menit sebelum waktu habis, setelah dijatuhkan oleh pelanggaran canggung Tyrell Malacia.


Luca Modric mencetak gol penutup saat Kroasia menang 4-2 dari Belanda di Semifinal Euro, 15 Juni 2023.-Luca Stanzl/Pixsell-

Kemenangan itu membuat Kroasia mencapai final internasional kedua mereka, setelah sebelumnya mencapai final Piala Dunia 2018 di mana mereka dikalahkan 4-2 oleh Prancis. "Kami telah memiliki medali perunggu dan perak, mari kita raih emas sehingga kita dapat mengakhiri cerita ini," tambah Dalic.

Bagi Belanda, penantian mereka untuk meraih gelar internasional terus berlanjut selama lebih dari 35 tahun sejak kemenangan mereka di Kejuaraan Eropa 1988.

Hasil ini juga menambah catatan buruk Ronald Koeman pada awal masa kedua kepelatihan Belanda, setelah sebelumnya mereka kalah 4-0 dari Prancis dalam kualifikasi Euro 2024 pada Maret lalu.

Prestasi mengesankan datang dari gelandang Kroasia, Luka Modric, yang merayakan penampilan ke-165 untuk timnas Kroasia. Modric menjadi sosok penting dalam membawa Kroasia meraih kemenangan. Performanya dalam pertandingan ini menunjukkan keinginannya untuk meraih kejayaan internasional, sebagai pelengkap karier gemilangnya di Real Madrid.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Owner Niku Japanese BBQ Sarah Dewi Onggowinarso: Ni Shui Xing Zhou, Bu Jin Ze Tui

BACA JUGA:Penjurian Lapangan Brawijaya Award (13): Kopi Ijo yang Ternyata Tetap Hitam

Pertandingan itu berlangsung di tengah kelelahan fisik dan mental bagi pemain dari kedua tim, banyak di antaranya hanya memiliki waktu istirahat selama empat hari setelah tampil dalam final Liga Champions. Meski menghadapi tantangan tersebut, kedua tim berjuang keras untuk menjaga ritme kompetitif, dan akhirnya berhasil memukau para penonton dengan pertandingan yang penuh semangat dan menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: