Iduladha Tiba, Daging Kambing Sangat Baik untuk Tubuh lho, Inilah Manfaatnya...

Iduladha Tiba, Daging Kambing Sangat Baik untuk Tubuh lho, Inilah Manfaatnya...

Kandungan Daging Kambing untuk Kesehatan--Alo Dokter

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Iduladha akan tiba pada 29 Juni 2023. Umat Islam seluruh Indonesia akan merayakannya sebagai sikap untuk menunjukkan kepedulian terhadap sesama. Sekaligus sebagaimana bentuk ketaatan manusia sebagai hamba Allah dengan melakukan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba.

Khusus daging kambing, daging itu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia karena harganya yang relatif terjangkau bila dibandingkan dengan hewan kurban lainnya. daging kambing bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan enak seperti satai dan gulai.

Meski demikian, daging kambing menjadi daging hewan kurban yang masih banyak diperbincangkan lantaran ada sejumlah masyarakat yang khawatir kesehatan tubuh akan terganggu apabila mengonsumsi daging kambing. Padahal, ternyata daging kambing memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh.

BACA JUGA:Tips Memilih Kambing Kurban yang Ideal dan Bebas Penyakit

BACA JUGA:Jangan Takut Makan Kambing, Yang Bikin Hipertensi Adalah Garam

Berdasar NutritionData.com, per 100 gram daging kambing memiliki beberapa nutrisi yang cukup tinggi.

  • Kalori : 234, kalori dari lemak 100
  • Lemak 11g (17% dari kebutuhan harian)
  • Lemak jenuh 5 g (26%)
  • Kolesterol 109 mg (36% kebutuhan harian)
  • Sodium 135 mg 6%


Kambing menjadi pilihan utama untuk berkurban. -Foto/Unsplash/Qamma Farm-

Dengan mengonsumsi daging kambing, tubuh akan memperoleh banyak manfaat yang baik. Antara lain sebagai berikut:

Pencegahan terhadap penyakit anemia. Karena daging kambing menjadi salah satu daging merah, daging merah inilah yang berfungsi dalam mencegah penyakit anemia. Kandungan zat besi di dalamnya mampu membantu mengatasi kekurangan darah.

Sumber antioksidan. Dengan adanya kandungan selenium sebesar 38 mcg akan berguna dalam perlindungan sel dari kerusakan sel.

Kesehatan tulang. Kekuatan tulang akan terjaga dengan mengonsumsi daging kambing karena adanya kandungan phosphorus sebesar  272 mg di dalam 100 gram daging kambing.

BACA JUGA:Permintaan Kambing Kurban Naik

BACA JUGA:Teliti Sebelum Membeli, Ciri-Ciri Fisik Hewan Layak Kurban Menurut Ahli Dari IPB

Membentuk jaringan otot. Dengan kandungan protein yang besar yang membentuk asam amino di dalam daging kambing.  Asam amino itu dipakai untuk membentuk massa otot. Jadi, pembentukan dan pertumbuhan dalam tubuh akan makin meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: