Bagi Bonus ASEAN Para Games 2023, Jokowi: Jangan Beli Barang-Barang Mewah

Bagi Bonus ASEAN Para Games 2023, Jokowi: Jangan Beli Barang-Barang Mewah

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan secara simbolis bonus atlet ASEAN Para Games 2023 di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 3 Juli 2023.-Sekretariat Negara-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Pemerintah memberi apresiasi kepada kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023. Tim Merah Putih berhasil menjadi juara umum dengan 158 emas, 148 perak, dan 95 perunggu. Ini merupakan kali ketiga beruntun Indonesia menjadi juara umum di ajang tersebut.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan bonus kepada atlet, pelatih, dan asisten pelatih yang meraih medali. Penyerahan itu dilakukan pada Senin, 3 Juli 2023 di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Total bonus yang diberikan sebesar Rp 320,5 miliar.

BACA JUGA: Indonesia Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games

’’Prestasi (juara umum) ini adalah yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Berkat kegigihan saudara-saudara sekalian, Indonesia berhasil membawa pulang 158 emas, 148 perak, dan 95 perunggu. Ini capaian yang luar biasa,’’ puji Jokowi sembari mengangkat kedua jempolnya.

Peraih emas mendapat bonus sebesar Rp 525 juta, perak Rp 315 juta, dan perunggu Rp157,5 juta. Nominal bonus itu sama dengan yang diterima para peraih medali di SEA Games 2023.

BACA JUGA: Nurul Fadilah Raih Medali Emas di ASEAN Para Games 2023 Setelah Kehilangan Ibunda

’’Saya berpesan supaya manfaatkan bonus ini untuk terus berlatih demi memacu prestasi,’’ kata Jokowi. ’’Jangan belikan barang-barang mewah. Belikan barang-barang untuk investasi jangka panjang,’’ tutur Presiden RI ketujuh itu.

Nominal bonus mengalami kenaikan dari bonus ASEAN Para Games 2021 lalu. Pada saat itu peraih emas mendapat nominal Rp 500 juta, perak Rp 300 juta, dan perunggu Rp 150juta.

Ketua NPC Indonesia Senny Marbun mengapresiasi kesetaraan untuk atlet difabel dengan atlet yang lainnya. ’’Luar biasa. Berani menyetarakan bonus untuk difabel dan non difabel. Semua bonusnya sama-sama dinaikkan,’’ kata Senny pada acara Temu Para Juara di Kantor Kemenpora, Jakarta itu.

Dalam ASEAN Para Games 2023, NPC Indonesia mengirimkan 268 atlet. Rata-rata usia kontingen 26 tahun. Sebanyak 19 persen berusia di bawah 22 tahun. Mereka mengikuti 12 dari 24 cabang olahraga yang dipertandingkan di Kamboja pada 3-9 Juni lalu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: