Mutiara Ayu Puspitasari Jadi Tunggal Putri Pertama yang Raih Gelar Juara Asia Junior

Mutiara Ayu Puspitasari Jadi Tunggal Putri Pertama yang Raih Gelar Juara Asia Junior

Mutiara Ayu Puspitasari menjadi juara asia junior usai mengalahkan Kim Min-ji pada Minggu, 16 Juli 2023 di GOR Amongrogo, Jogjakarta-PBSI-

JOGJAKARTA, HARIAN DISWAY – Mutiara Ayu Puspitasari mencatat sejarah untuk tunggal putri Indonesia. Ia menjadi tunggal putri pertama yang menjadi juara Asia junior. Mutiara juga mengikuti jejak Pusarla V. Sindhu, Akane Yamaguchi, hingga Chen Yufei yang pernah menjadi juara turnamen yang diadakan sejak 1997 itu.

 

“Saya sendiri merasa tidak menyangka meraih gelar juara ini. Hasil ini seperti mimpi rasanya. Terima kasih kepada publik Jogjakarta yang sudah memberikan dukungan,” kata Mutiara dalam keterangan resminya itu, 16 Juli 2023.

 

Hasil ini sekaligus mempertahankan tradisi emas Indonesia di Kejuaraan Asia Junior. Indonesia selalu meraih gelar dalam empat edisi terakhir. Kecuali pada edisi 2020 dan 2021 yang ditiadakan karena pandemi Covid-19.

 

Dalam babak final pada Minggu, 16 Juli 2023 di GOR Amongrogo, Jogjakarta itu, Mutiara sukses mengalahkan Kim Min-ji. Pertandingan yang relatif mudah untuk Mutiara. Ia hanya memerlukan waktu 35 untuk merebut kemenangan 21-11, 21-17.

 

BACA JUGA:Mutiara Ayu Puspitasari Satu-Satunya Harapan Indonesia di Kejuaraan Asia Junior 2023

BACA JUGA:Indonesia Runner Up Kejuaraan Badminton Beregu Asia Junior 2023, Kalah dari Jepang

 

“Rasanya sangat luar biasa. Hal ini di luar dugaan mengingat hasilnya seperti apa yang diharapkan. Dari turnamen ini saya jadi tahu jika mau dan berusaha saya yakin bisa,” kata pemain asal Ngawi, Jawa Timur itu.


Mutiara Ayu Puspitasari saat mengalahkan Shou Qun Yu di semifinal Kejuaraan Asia Junior 2023-PBSI-

 

Dengan usianya yang masih menginjak 17 tahun, Mutiara masih memiliki satu kesempatan lagi untuk mengikuti Kejuaraan Asia Junior tahun depan. Tetapi ia akan fokus satu per satu pada turnamen terdekat.

 

Mutiara juga tidak ingin ini menjadi hasil akhir. Pemain kelahiran 17 Mei 2006 itu mengincar gelar yang lebih tinggi yaitu Kejuaraan Dunia Junior 2023. Turnamen tersebut akan berlangsung pada 24 September-8 Oktober mendatang di Amerika Serikat.

 

“Saya mengincar gelar juara dunia junior 2023 setelah ini. Gelar juara Asia junior di sini menjadi modal berharga buat saya untuk mengarungi turnamen kejuaraan dunia,” imbuh Mutiara.

 

Sementara itu dari hasil Kejuaraan Asia Junior 2023 ini, Tiongkok mengumpulkan tiga gelar. Masing-masing dari Zhu Yi Jun/Huang Ke Xin, Hu Zhe An, dan Ma Shang/Shu Yi Jun. Kemudian Mei Sudo/Nao Yamakita menjadi juara ganda putri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: