Cheng Yu Pilihan Dokter Bedah RS Mount Elizabeth Singapura dr Tan Wee Boon: Jie Cao Xian Huan

Cheng Yu Pilihan Dokter Bedah RS Mount Elizabeth Singapura dr Tan Wee Boon: Jie Cao Xian Huan

Cheng Yu Tan Wee Boon--

BERSYUKUR atas karunia Tuhan dan berterima kasih atas kebaikan manusia merupakan dua sikap yang luar biasa. Inilah yang coba dipegang teguh oleh dr. Tan Wee Boon, konsultan senior bedah umum dengan kekhususan hernia, tiroid, dan endokrin di RS Mount Elizabeth, Singapura. 

"Segala sesuatu syukuri, setiap saat hargai." Demikian terjemahan bebas atas ungkapan Tiongkok "事事感恩, 时时珍惜" (shì shì gǎn ēn, shí shí zhēn xī) yang dikutip dr. Tan kapan hari. Ia ingin menjadi orang yang "结草衔环" (jié cǎo xián huán): sampai kapanpun tak akan lupa untuk mensyukuri dan membalas kebaikan. Itulah pepatah Tiongkok atau Cheng Yu favoritnya. 

Dr. Tan lulusan National University of Singapore. Gelar MBBS (Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery) diperolehnya dari sana pada 2003. Kemudian, ia memulai pelatihan kemampuan bedahnya dalam bidang Bedah Umum pada 2007. 

Dr. Tan terus mengasah kemampuan bedahnya dengan belajar di banyak negara. Hingga pada 2013, ia terakreditasi sebagai spesialis bedah umum oleh Specialist Accreditation Board, Singapura, setelah sebelumnya memperoleh fellowship dari Royal College of Surgeons of Edinburgh (RCSEd), Skotlandia. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Direktur Keuangan PT Pakuwon Jati Tbk Minarto Basuki: Ji Suo Bu Yu, Wu Shi Yu Ren

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia: Shou Yin Zhong Guo

Dari situ, dr. Tan lantas menerima Academic Medicine Development Award dan mengikuti pelatihan fellowship untuk mendalami operasi endokrin di University College of London Hospital, Inggris. Juga di Universitas Yonsei, Korea, untuk pelatihan tiroidektomi robotik.

Sebelum akhirnya membuka praktik sendiri di rumah sakit Mount Elizabeth, dr. Tan mula-mula adalah konsultan senior di Department of General Surgery National University Hospital (NUH), Singapura. 

Minat utama dr. Tan meliputi operasi hernia, jaringan lunak, dan endokrin. Ia memiliki pengalaman luas dalam operasi hernia dengan sebagian besar dilakukan secara laparoskopi. Subspesialisasinya dalam bedah endokrin memungkinkannya menangani kondisi yang berkaitan dengan kelenjar tiroid, paratiroid, dan adrenal. Ketertarikan utama lainnya ialah pembedahan untuk pertumbuhan jaringan lunak umum seperti lipoma dan kista sebaceous, serta sarkoma retroperitoneal tingkat lanjut. 

Tak heran bila dr. Tan tergabung dalam Komite Sarkoma di NUH. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: