Ekonomi Jatim Ungguli Nasional pada Triwulan II 2023, Gubernur Khofifah: Kesejahteraan Rakyat Dapat Meningkat

Ekonomi Jatim Ungguli Nasional pada Triwulan II 2023, Gubernur Khofifah: Kesejahteraan Rakyat Dapat Meningkat

GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melihat infografis pertumbuhan perekonomian di Jatim yang naik signifikan. Dia berharap kesejahteraan rakyat meningkat.-Humas Pemprov Jatim-

Tumbuhnya perekonomian Jawa Timur pada periode tersebut disokong meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat yang mendorong tumbuhnya permintaan domestik, meningkatnya volume perdagangan, serta menggeliatnya aktivitas pada sektor jasa.

”Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan paling signifikan adalah transportasi dan pergudangan yang tumbuh 13,90 persen,” ujar gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu.

Faktor lain yang ikut mendorong tumbuhnya perekonomian Jatim, menurut Khofifah, ialah momentum libur hari besar keagamaan dan masa libur panjang sekolah serta aktivitas pemerintahan. 

BACA JUGA:Entas Kemiskinan Jadi Fokus Pemprov Jatim

BACA JUGA:Cara Dapatkan Bendera Merah Putih Gratis Pemprov Jatim

Momentum libur panjang terbukti mengerek kenaikan aktivitas ekonomi masyarakat dan kenaikan aktivitas moda transportasi di Jawa Timur.

Selain itu, peningkatan kinerja investasi di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik menjadi faktor penggerak ekonomi Jawa Timur. 

Itu di luar tiga sektor utama penggerak ekonomi lainnya. Yaitu, industri pengolahan yang berkontribusi 30,17 persen, perdagangan 18,75 persen, dan pertanian yang menyumbang 11,82 persen.

BACA JUGA:Pemprov Jatim Raih Kategori Menuju Informatif

BACA JUGA:Difasilitasi Pemprov Jatim, Peserta Honda DBL Antusias Jalani Vaksinasi

”Pertumbuhan positif di triwulan II tahun 2023 ini menjadi modal besar bagi Jawa Timur untuk mengakselerasi roda perekonomian hingga akhir tahun 2023,” jelas Khofifah.

Pemprov Jatim, menurut Gubernur Khofifah, akan terus mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi di sektor transportasi melalui optimalisasi layanan transportasi umum massal berupa bus rapid transit pada jaringan antardaerah melalui bus Trans-Jatim. Selain itu, ada program mudik balik gratis transportasi darat dan laut di momentum Idulfitri.

GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi pabrik sepatu di Jatim. Ia berharap kesejahteraan rakyat dapat meningkat.

Di bagian lain, Pemprov Jatim terus  berkomitmen dalam upaya meningkatkan kerja sama antardaerah melalui misi dagang dalam negeri dengan provinsi mitra dan misi dagang luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: