Konser K-Pop Pungkasi Jambore Pramuka Sedunia, Pelipur Lara Setelah Gangguan Panas dan Badai

Konser K-Pop Pungkasi Jambore Pramuka Sedunia, Pelipur Lara Setelah Gangguan Panas dan Badai

Nuansa pramuka dalam penampilan Itzy di Seoul, Jumat, 11 Agustus 2023. Dari kiri, Ryujin, Chaeryeong, Yeji, dan Yuna.-AGENCE FRANCE-PRESSE-

SEOUL, HARIAN DISWAY – Kemeriahan itu tak terbendung. Lebih dari 40 ribu anggota pramuka dari berbagai negara, peserta Jambore Pramuka Sedunia, bergoyang bersama di World Cup Stadium, Seoul, Jumat, 11 Agustus 2023. Mereka bernyanyi. Memakai baju kepanduan dan syal yang berwarna-warni. Sembari melambai-lambaikan glow sticks.
 
Tak heran. Mereka adalah penonton K-Pop Superlive Concert, konser grup-grup papan atas di Korea Selatan. Sebuah pelipur lara setelah para pramuka itu menjalani World Scout Jamboree, perkemahan akbar pramuka dunia yang ’’superberat’’.
 
Betapa tidak, bumi perkemahan—yang awalnya terletak di Kota Buan, Provinsi Jeolla Utara—dibekap cuaca panas. Kontingen Amerika Serikat, Inggris, dan Singapura sampai mundur. Bikin perkemahan sendiri di Seoul.
 

PENAMPILAN ENERGIK NewJeans di panggung K-Pop Superlive Concert, Jumat, 11 Agustus 2023.-AGENCE FRANCE-PRESSE-
 
 
Lalu, pada Rabu, 9 Agustus 2023, perkemahan itu bubar. Para peserta jambore dipindah ke Seoul. Sebab, ada ancaman badai Khanun yang kecepatan anginnya di atas 150 kilometer per jam.
 
Peserta Jambore Pramuka Dunia asal Indonesia menanti seremoni penutupan di World Cup Stadium, Seoul.-Rayadina-SMA Labschool untuk Harian Disway-
 
’’Hari-hari terakhir ini begitu berat,’’ ucap Ahmad Alhendawi, Sekjen Gerakan Kepanduan Dunia, saat upacara penutupan jambore sebelum konser. Betapa pun, ia tetap gembira. Karena para pramuka itu—termasuk yang sudah mundur—bisa berkumpul bareng di stadion tersebut.
 
PM Korsel Han Duck-soo ikut girang. ’’Semoga kalian bisa menyerap pengalaman budaya di Korea ini. Dan biarkan pengalaman itu menjadi abadi dalam ruang kenangan kalian semua,’’ ucapnya.
 
Setelah itu adalah kemeriahan. Satu per satu grup idola K-pop menghangatkan atmosfer stadion. Di antaranya adalah NewJeans, ITZY, NCT Dream, Mamamoo, dan The Boyz. Mereka bergabung dengan grup-grup lain yang juga punya penggemar kuat. Sebut saja, HolyBang, ATBO, atau The New Six.
 

SORAK-SORAI peserta World Scout Jamboree dalam K-Pop Superlive Concert di penutupan World Scout Jamboree, Jumat, 11 Agustus 2023.-AGENCE FRANCE-PRESSE-
 
Penampilan mereka seperti menyatu dengan peserta jambore. Keceriaannya. Gairah berkaryanya.
 
ITZY, misalnya. Mereka tampil berempat. Yeji, Ryujin, Chaeryeong, dan Yuna. Satu anggota lagi, Lia, tak bisa tampil karena kurang fit.
 
Grup cewek yang debut pada 12 Februari 2019 itu tampil dengan baju bernuansa pandu. Seperti pramuka. Tentu, nuansanya tetap girly. Atasannya sleeveless berwarna tea gren. Bawahannya rok cargo mini. Warnanya forest green.
 
Mereka membawakan Wannabe dan Cake saat air mulai turun. Hujan dari Badai Khanun. Fenomena cuaca yang sempat membuat jambore itu dibubarkan di kota Buan, provinsi Jeolla Utara.
 

NCT Dream menghibur peserta World Scout Jamboree di Seoul, Jumat, 11 Agustus 2023.-AGENCE FRANCE-PRESSE-
 

 

Aksi bintang-bintang K-Pop itu menjadi memori manis. Menutup jambore yang sempat menjadi bahan gunjingan warga Korsel tersebut… (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: