Kaws: Holiday Indonesia, Raksasa Pink di Prambanan

Kaws: Holiday Indonesia, Raksasa Pink di Prambanan

KELINCI RAKSASA tiduran di komplek Candi Prambanan, Jumat, 18 Agustus 2023.-DEVI RAHMAN-AFP-

YOGYAKARTA, HARIAN DISWAY – Makhluk besar ini memang langsung mencuri perhatian. Warnanya pink. Teksturnya menggemaskan. Menekuk kaki, rebahan menghadap langit, menutup mata seperti mencegah silau.

 

Ukurannya juga enggak main-main. Panjangnya 45 meter dengan tinggi 15 meter.

 

Sosoknya menjadi panorama unik di kompleks Candi Prambanan sejak Jumat, 18 Agustus 2023. Pengunjung yang datang pun tak melewatkan sosok itu sebagai latar belakang foto. Atau menjadi subjek utama foto.

 

Ya, makhluk raksasa itu adalah patung kelinci karya Brian Donnelly alias Kaws, seniman asal Amerika Serikat. Patung itu adalah bagian dari karya seni instalasi Kaws: Holiday Indonesia.

 

BACA JUGA : Bertiga Mengunjungi Candi Prambanan, Cukup Rp120 Ribu

 

Selama ini, seniman 48 tahun itu memang dikenal dengan karya-karya kontemporer. Bentuk-bentuk makhluk hidup dibuat dengan gaya stilasi. Seperti dalam film kartun.

 


SOSOK SANG SENIMAN, Brian Donnelly alias Kaws, bersama patung vinil berjudul Seeing di London, Januari 2023.-TOLGA AKMEN-AFP-

 

Kelinci yang ’’ditidurkannya’’ di Candi Prambanan diambil dari sosok karyanya yang berjuluk Accomplice. Wujudnya menyerupai kelinci dengan kaus tangan mirip karakter-karakter klasik Walt Disney. Matanya hanya berupa tanda silang.

 

Seni instalasi di Candi Prambanan itu adalah bagian dari tur dunia Kaws. Indonesia menjadi negeri ke sepuluh. Dengan patung yang paling gede dibanding negara lain. Ya, Kaws memang rutin mengelilingi dunia dengan kelinci merah jambu itu—juga karya-karya lain—sejak 2018. Ia menebar kegembiraan dan apresiasi seni. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: