Perkemi Jatim Siapkan Kenshi Andalan pada Babak Kualifikasi PON Shorinji Kempo

Perkemi Jatim Siapkan Kenshi Andalan pada Babak Kualifikasi PON Shorinji Kempo

Jatim menjadi tuan rumah Babak Kualifikasi PON cabor Shorinji Kempo. Konferensi pers dihadiri (dari kiri) Sensei Djumhana Sidik, Ketua Umu PB Perkemi Laksdya TNI (Pur) Agus Setiadji, dan Ketua Panitia Iswachyu Dhaniarti di kampus Universitas Narotama.-Syahirul-Harian Disway-Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Jawa Timur menjadi tuan rumah Babak Kualifikasi PON XXI 2023 untuk cabang olahraga Shorinji Kempo. Pembukaan Babak Kualifikasi PON digelar Senin, 21 Agustus 2023 di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya. Ini kesempatan emas untuk meloloskan sebanyak mungkin atlet Jatim ke PON XXI di Aceh-Sumut, September nanti. 

Ketua Umum Pengurus Besar Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Laksdya TNI (Pur) Dr Agus Setiadji mengatakan, Surabaya dipilih sebagai venue Pra-PON untuk memudahkan aksesibilitas dan mobilitas kenshi dari 29 provinsi yang ada di Indonesia. “Kami memilih tengah-tengah, jadi semuanya nanti akan berpusat di sini” ujar Agus saat Konferensi Pers di Gedung D Universits Narotama, Surabaya, Minggu, 20 Agustus 2023. 

Ketua Panitia Pelaksana Babak Kualifikasi PON Cabor Shorinji Kempo Dr Iswachyu Dhaniarti menyebutkan, ada 22 nomor yang dipertandingkan. Lebih banyak daripada PON XX yang hanya mempertandingan 14 nomor pertandingan. Terdiri dari randori atau perkelahian bebas terbatas dan embu, kerapian teknik baik berpasangan atau beregu. Jatim menurunkan atlet-atlet terbaiknya pada ajang ini. Ada Kiki dan Dehan di nomor randori putra, Martha di nomor randori putri, serta Arif fan Dafa di nomor embu berpasangan yudansha. 

"Kami ingin meloloskan sebanyak mungkin atlet ke PON," ujar Iswahcyu yang juga menjabat sebagai ketua umum Pengprov Perkemi Jawa Timur itu.

BACA JUGA:Hadapi Pra-PON, Perkemi Jatim Siapkan 15 Kenshi

BACA JUGA:KONI Jatim Gelar Tes Fisik Sebelum Berangkatkan Atlet ke Kejurnas

Dalam seremoni pembukaan Babak Kualifikasi PON XXI nanti mengundang sejumlah tokoh. Mereka antara lain Ketua Umum KONI Marciano Norman, Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Ibu Asuh Kenshi Shorinji Kempo Jatim Arumi Bachsin. Akan ada demonstrasi dari kenshi-kenshi andalan Jawa Timur.  

Pada PON XX di Papua, Shorinj Kempo Jatim hanya mengirim satu atlet, Marta Frily Adetya. Dia menyumbangkan medali perak setelah kalah di final secara kontroversial. Tentu  Iswachyu berharap prestasi di PON mendatang lebih baik daripada PON sebelumnya di Papua. Perkemi Jatim terus bekerja keras untuk menghasilkan atlet berskala nasional dan internasional dalam 4 tahun terakhir. 

BACA JUGA:KONI Jatim Minta Kepastian Jadwal Pra-PON

Techincal delegate Babak Kualifikasi PON Shorinji Kempo Wartoyo mengungkapkan ada regulasi baru yang diterapkan. Jika pada tahun lalu menerapkan sistem satu kali kalah langsung gugur,  tahun ini menggunakan sistem double elimination. Itu artinya sistem gugur disahkan apabila kenshi kalah sebanyak dua kali dalam setiap nomor pertandingan.

Kejuaraan tersebut memperebutkan total 22 emas, 22 perak, dan 36 perunggu. Sehingga pertandingan selama seminggu itu diperkirakan memakan waktu yang sangat lama dari pagi hingga malam hari.  

Shorinji Kempo merupakan olahraga beladiri yang berasal dari Jepang namun terilhami dari kungfu di Tiongkok. Di Indonesia saat ini terdaftar ada 196 ribu kenshi. Salah satu tokoh yang mengenalkan shorinji kempo adalah Ginanjar Kartasasmita. Shorinji kempo Indonesia menjadi yang erkuat kedua setelah Jepang. Ada 39 negara yang mengembangkan shorinji kempo. Bahkan pusat organisasi shorinji kempo di Jepang telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia shorinji kempo di tahun 2025. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: