430 Balita di Lemahputro Dibidik IKA Unair Sidoarjo sebagai Sasaran Pengabdikan Masyarakat dengan Berbagi PMT

430 Balita di Lemahputro Dibidik IKA Unair Sidoarjo sebagai Sasaran Pengabdikan Masyarakat dengan Berbagi PMT

Seorang balita yang sedang disuapi PMT pemberian Ika Unair Sidoarjo. -Ika Unair Sidoarjo-

HARIAN DISWAY – Lemahputro, sebuah kelurahan di Kabupaten Sidoarjo dipilih menjadi wilayah pemberian makanan tambahan (PMT). Sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian masyarakat Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Sidoarjo. Demi menekan angka stunting di Indonesia.
 
Pertimbangannya, daerah itu termasuk wilayah kecamatan kota atau termasuk Ring 1 dan banyak balita. “Karena itu menjadikan Lemahputro salah satu sasaran awal kegiatan PMT ini. Tidak elok kan masak daerah Ring 1 sampai ada yang stunting,” ujar Ketua Panitia S. Wardoyo, S.Sos.

BACA JUGA: IKA UNAIR Cabang Sidoarjo Guyub Rukun dengan Silaturahim

Di sana tercatat ada 430 balita. Untuk mereka, menu PMT yang diberikan sengaja dirancang khusus dengan kandungan nutrisi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi balita. “Untuk mendukung kualitas menu tim pelaksana juga telah mengkonsultasikan menu tersebut dengan beberapa dokter anak," katanya.
Kegiatan PMT IKA Unair Sidoarjo pada awal bulan Agustus lalu itu bisa dilakukan atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. -Ika Unair Sidoarjo-

 
”Tim juga berusaha agar menu yang disajikan tidak hanya berkualitas akan tetapi juga variatif dan disukai balita,” tambah Koordinator Lapangan PMT Dian Rachmawati S.Sos.
 
Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat IKA Unair Sidoarjo drg. Izzatul Aini, Sp. Perio mengatakan bahwa PMT IKA Unair Sidoarjo pada awal bulan Agustus lalu itu bisa dilakukan atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. PMT itu pun dilakukan melalui sejumlah Posyandu dibantu oleh bidan dan kader balita setempat. 
 
Ia juga menyatakan kegiatan ditujukan untuk turut serta membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dalam rangka menekan angka kasus stunting yang terjadi di wilayah Sidoarjo khususnya di Lemahputro.
Kegiatan di Lemahputro ini ditujukan untuk turut serta membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dalam rangka menekan angka kasus stunting. -Ika Unair Sidoarjo-

 
“Program PMT ini diharapkan akan membantu meningkatkan status gizi anak, serta memperbaiki pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental mereka, karena dengan PMT yang tepat anak-anak dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal sehingga angka kasus stunting akan semakin dapat ditekan,” jelasnya. (Heti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: