Profil F-15EX, Pesawat Tempur Gen 4,5, Generasi Tercanggih dari Keluarga F-15

Profil F-15EX, Pesawat Tempur Gen 4,5, Generasi Tercanggih dari Keluarga F-15

F-15EX TERLAHIR KEMBALI: Pesawat hasil pemutakhiran dari F-15 Eagle ini telah ditingkatkan kemampuan performa mesin, pertahanan, dan daya angkut senjata. Serta fleksibilitas misi dan kemudahan operasional-Boeing-

HARIAN DISWAY - Kementerian Pertahanan RI meneken perjanjian pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX. Kesepakatan itu berlangsung di markas Boeing, Missouri, Amerika Serikat. 

Dalam unggahan halaman resmi kemhan.go.id, dokumen MoU ditandatangani Marsekal Muda Yusuf Jauhari. Disaksikan langsung oleh Menhan Prabowo Subianto dan Menhan Amerika Serikat Lloyd Austin. 

Unit F-15EX yang dibeli Indoneisa akan diberi kode khusus, yakni F-15IDN. 

BACA JUGA:Pesawat Tempur F-15EX yang Dipesan Prabowo Diprediksi Tiba 2027

BACA JUGA:Adu Spek F-15 EX Milik AS vs Shukoi Su-27 Rusia

Dilansir dari DSCA Defense Security Cooperation Agency, dalam kesepakatan pembelian F-15EX, Indonesia juga akan mendapat berbagai perawatan yang menunjang, suku cadang, dan teknologi terbarukan. 

Boeing F-15EX baru dioperasikan di Amerika Serikat. Bahkan, sekutu terdekat seperti Israel, Singapura, dan Jepang belum mendapatkan varian itu.    

Anda sudah tahu, model awal varian F-15 diperkenalkan secara resmi pada 1970-an. Awalnya F-15 diproduksi pabrikan McDonnell Douglas yang kemudian merger dengan Boeing pada 1997.

BACA JUGA:Kelebihan-Kelebihan F-15EX Yang Bikin Indonesia Kepincut: Mesin dan Body Lebih Badak, Daya Angkut Senjata Melimpah

BACA JUGA:Sah! RI Resmi Boyong 24 Pesawat Tempur F-15EX

Jet tempur F-15 telah menjadi pesawat kombatan utama yang memiliki superioritas di beberapa dekade. Mulai manuver, kecepatan, hingga sistem avionik menjadi kelebihan pesawat tersebut. 

Rekam jejak yang bagus membuat beberapa negara masih mengoperasikan pesawat itu.  Hingga saat ini, F-15 terus dikembangkan. 

F-15EX yang merupakan pesawat tempur generasi 4,5 menjadi versi tercanggih dari keluarga F-15 untuk saat ini.

Pesawat F-15EX atau biasa disebut dengan Eagle II merupakan pesawat dengan jenis multirole strike fighter. Jenis pesawat itu diperuntukkan berbagai misi seperti duel udara, pengeboman, dan pengawalan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: