Profil F-15EX, Pesawat Tempur Gen 4,5, Generasi Tercanggih dari Keluarga F-15

Profil F-15EX, Pesawat Tempur Gen 4,5, Generasi Tercanggih dari Keluarga F-15

F-15EX TERLAHIR KEMBALI: Pesawat hasil pemutakhiran dari F-15 Eagle ini telah ditingkatkan kemampuan performa mesin, pertahanan, dan daya angkut senjata. Serta fleksibilitas misi dan kemudahan operasional-Boeing-

Eagle II adalah produk kolabarasi antara Boeing Defense dan Angkatan Udara AS (USAF) dalam proyek iterasi The Eagle Mission Design Series. Produksi pertama varian itu diproyeksikan untuk menggantikan armada F-15C di wilayah Oregon. Hingga akhirnya, Indonesia tertarik untuk mengakusisi beberapa unit.

Meski F-15 terbilang tua, Boeing menambahkan beberapa fitur terkini. EPAWSS atau Eagle Passive Active Warning Survivebility System menjadi perangkat paling modern yang terpasang di F-15EX. 

Itu merupakan sebuah sistem digital yang dapat mendeteksi sebuah ancaman. Mulai sensor elektromagnetik, radar, sampai infra merah.

Bukan hanya sistem pertahanan yang canggih di kelasnya. F-15EX juga dibekali berbagai sistem kontrol otomatis, Fly-by-wire, kokpit dengan perangkat glass cockpit dan tambahan perangkat lunak lain.

Bergabungnya unit F-15EX Eagle II akan menambah bantuan alutsista Indonesia. Hal itu sebagai bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam menjaga integritas dan stabilitas wilayah. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: