Magnet Pegawai Negeri Sipil

Magnet Pegawai Negeri Sipil

Ilustrasi Magnet Pegawai Negeri Sipil. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

INI kabar baik bagi pencari kerja. Pemerintah akan membuka lowongan aparat sipil negara (ASN).

Formasinya mencapai 572.299. Itu tersebar di 596 instansi, kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota. 

Sebanyak 543.396 di antara lebih dari setengah juta formasi ASN adalah pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Hanya 28.903 posisi yang merupakan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS). 

Formasi ASN tahun ini terbilang sedikit. Sebab, tahun lalu formasi yang disediakan mencapai 1.086.122.

Itu berarti, formasi tahun 2023 hanya separuh dari  tahun lalu. Dengan demikian, persaingan memperebutkan posisi ASN, baik PPPK maupun CPNS, akan makin ketat.

BACA JUGA:Impor Beras

BACA JUGA:Penggerak Ekonomi Syariah

Banyak alasan mengapa pencari kerja berebut jadi ASN. Lebih-lebih PNS. Di antaranya, menjadi PNS memiliki kepastian yang tinggi terhadap masa depan.

Peluang pemerintah mengalami kegagalan sangat kecil. Artinya, hampir tidak mungkin terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang tidak disebabkan PNS sendiri. 

Memang ada PNS yang diberhentikan. Tapi, penyebabnya adalah diri PNS itu sendiri. Karena pelanggaran pidana atau etik yang sanksinya adalah pemberhentian. Itu pun persentasenya sangat kecil. 

Selain itu, pelan tapi pasti, PNS memiliki karier yang jelas. Dari menjadi staf selama beberapa tahun, bisa naik ke pejabat eselon IV (setingkat lurah di pemkab/kota), eselon III (setingkat camat atau kabid), dan eselon II (kepala dinas atau badan di pemkab).

Bahkan, jika prestasinya bagus, bisa naik ke eselon I atau setingkat dirjen di kementerian atau lembaga negara. 

BACA JUGA:Risiko Operasional Bank

BACA JUGA:Lega Penerimaan Pajak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: