Desa Petiken, Juara Kategori Partisipasi Masyarakat Patriot Jawi Wetan: Kerja Sama Tiga Pilar dan Warga demi Memberdayakan Desa

Desa Petiken, Juara Kategori Partisipasi Masyarakat Patriot Jawi Wetan: Kerja Sama Tiga Pilar dan Warga demi Memberdayakan Desa

TIGA pilar Desa Petiken, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Kades Mardi Utomo SE, Babinsa Serma Rudianto, dan Bhabinkamtibmas Aipda Suroso usai menerima penghargaan juara kategori Partisipasi Masyarakat dalam Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023.-Boy Slamet-

Pada momen awarding Patriot Jawi Wetan 2023, Kelurahan Petiken, Kecamatan Driyorejo, Gresik mendapat penghargaan Inovasi Partisipasi Masyarakat. Memang saat penjurian, keterlibatan warga kelurahan sangat kompak dan bersatu. Itu berkat peran tiga pilar.

Kuncinya adalah pendekatan secara langsung pada tiap warga. Kalau perlu door to door. Itu yang dilakukan oleh tiga pilar Kelurahan Petiken: Lurah Mardi Utomo, Babinsa Serma Rudianto, dan Bhabinkamtibmas Aipda Suroso. Hal itu membuat tiga pilar tersebut begitu dicintai oleh warganya.

Saat penjurian, semua masyarakat berkumpul dan mendukung pemimpin mereka itu. Sejak mulai dari gedung kelurahan hingga peninjauan ke tiap RW. Bahkan ketika meninjau salah satu poskamling, seorang warga menunjuk pada Bhabinkamtibmas Aipda Suroso.

"Pak Bhabin Suroso ini waktu awal bertugas, beliau mengunjungi tiap rumah kami. Memberi tahu nomor whatsappnya. Jadi jika ada keperluan mendesak atau butuh bantuan, bisa langsung menghubungi beliau," ujarnya, sembari merangkul lengan Aipda Suroso. Yang bersangkutan tersenyum sembari mengatupkan tangan.

BACA JUGA:Kelurahan Pangonanan, Juara Kategori Sinergi Antarlembaga Patriot Jawi Wetan 2023: Berdayakan Kader Lingkungan dan Peduli Lansia

BACA JUGA:Desa Sengguruh, Juara Kategori Pelayanan Publik Anugerah Patriot Jawi Wetan: Si Patas Makin Canggih, CCTV Makin Luas

Begitu pula dengan sosok Serma Rudianto. Ia dikenal sebagai penggerak kegiatan-kegiatan bertema reliji untuk warga. Salah satunya adalah kegiatan istigasah tiap malam Jumat Legi. Dalam momen itu, tiga pilar terlibat dalam kesenian hadrah. 

Semua orang mengenalnya dengan baik. Tak ada sekat atau batas antara sipil-militer. Mereka seperti layaknya sahabat dekat. Apalagi Serma Rudianto juga dikenal jago menulis. Ia banyak menelurkan karya-karya jurnalistik. Saat ini juga sedang menyelesaikan karya ilmiahnya: Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kesenian Hadrah Indonesia yang terlahir pertama kali di Dusun Randu Pukah, Gresik.

"Saya putera asli Gresik yang ditugaskan di Gresik pula. Jadi saya berkewajiban untuk turut memajukan dan memelihara kerukunan di kota tercinta ini. Khususnya di Kelurahan Petiken," ungkapnya. 

Dalam awarding Patriot Jawi Wetan 2023 pada 20 September 2023, ketiganya masih tetap kompak dan menyatu. Kekompakan yang tak dibuat-buat. Bukan settingan hanya untuk momen penjurian saja. Tapi melebur benar-benar lebur. Karena ketiganya memang setiap waktu bekerja bersama dalam menuntaskan permasalahan-permasalahan desa.

Saat nama ketiganya dipanggil, ekspresi mereka semringah. Kelurahan Petiken mendapat penghargaan Inovasi Partisipasi Masyarakat. Penghargaan yang memang layak jika melihat masyarakat setempat yang benar-benar totalitas dalam memajukan desanya.

BACA JUGA:Juara 3 Anugerah Patriot Jawi Wetan Batuporo Barat, Sampang: Pulang dari Grahadi Langsung ke RSUD Besuk Warga

BACA JUGA:Kategori Bela Negara Patriot Jawi Wetan 2023, Desa Dukuh, Kediri: Akan Lebih Berdayakan UMKM

Prestasi-prestasi dan pencapaian Kelurahan Petiken tentu tak akan diraih jika hanya tiga pilar saja yang bekerja, tanpa dibarengi semangat warganya. Bagi Lurah Mardi, penghargaan itu memacu mereka untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya. "Ini persembahan bukan untuk kami bertiga saja. Tapi untuk para warga yang telah sama-sama bekerja dan saling bahu-membahu bersama kami," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: