Alvaro Operasi Amandel, Mati Batang Otak

Alvaro Operasi Amandel,  Mati Batang Otak

Ilustarsi mati batang otak.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Kasus ini mengerikan. Bocah Justin, 9, dan adiknya, Alvaro, 7, mengeluh sakit telinga dan tenggorok. Dibawa ke puskesmas, 7 September 2023. Lalu, dirujuk ke RS Kartika Husada, Bekasi. Dioperasi amandel. Justin sembuh, adiknya koma. Kata dokter, mati batang otak.

MALAPRAKTIK medis, kata yang gampang diucapkan, sangat sering terjadi, tapi terlalu sulit dibuktikan. Belum pernah ada dokter dihukum akibat MALAPRAKTIK. Meski laporan kasus sangat banyak, belum pernah ada yang dihukum.

Kali ini Albert Francis, 38, ayah Justin dan Alvaro, memolisikan RS Kartika Husada. Tuduhannya malapraktik medis. Laporan nomor: LP/B/5814/IX/2023/SPKT Polda Metro Jaya tertanggal 29 September 2023.

BACA JUGA:Pemberian Imunisasi Japanese Encephalitis di Kalimantan Barat Jadi Upaya Kemenkes Cegah Radang Otak pada Anak

BACA JUGA:Pengalaman Unik Orang-Orang yang Menerima ’’Transplantasi Otak’’

Albert sudah menunjuk kuasa hukum Cahaya Christmanto. ”Ini malapraktik medis,” ujar Christmanto kepada pers Senin, 2 Oktober 2023. Ia jelaskan kronologi kejadiannya.

Kamis, 7  September 2023, Justin dan Alvaro mengeluh ke ortu. Mereka sakit telinga dan tenggorokan. Dibawa ke puskesmas, diperiksa dokter. Lantas, dokter menyarankan agar Justin dan Alvaro dibawa ke dokter ahli THT (telinga hidung tenggorok).

Chritmanto: ”Dua bocah itu dibawa orang tua mereka ke dokter ahli THT. Kemudian, dokter memeriksa. Didiagnosis, amandel sudah besar. Jalan satu-satunya, katanya, harus dioperasi.”

BACA JUGA:Direnggut Kanker Otak, Sang Dakota Fred Hurt Meninggal Dunia

BACA JUGA:Cak Nun Dikabarkan Pendarahan Otak, Suko Widodo: Kita Doakan, Nggih

Dokter ahli THT memberikan rujukan ke RS Kartika Husada, Jatiasih, Bekasi. Justin-Alvaro pun dibawa ke sana. Diperiksa dokter lagi. Dibenarkan dokter, harus operasi amandel.

Namun, antrean pasien operasi panjang. Justin-Alvaro harus menunggu. Jadwal operasi mereka jatuh pada Kamis, 19 September 2023.

Pada hari tersebut operasi dilaksanakan. Alvaro duluan dioperasi pukul 12.00 WIB. Kemudian, Justin.

Seusai operasi, dokter memberi tahu pihak keluarga bahwa operasi Alvaro berjalan sukses dan aman. Lalu, giliran Justin dioperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: