Belum Aman! Indonesia Akhiri Asian Games 2023 di Peringkat 13, Masih Bisa Disalip Malaysia

Belum Aman! Indonesia Akhiri Asian Games 2023 di Peringkat 13, Masih Bisa Disalip Malaysia

Lifter Nurul Akmal menempati posisi keempat kelas +87 kg putri dan gagal meraih medali perunggu-Naif Alas/Komite Olimpiade Indonesia-

HARIAN DISWAY - Indonesia dipastikan tidak menambah medali pada hari pertandingan terakhirnya di Asian Games 2023 Hangzhou. Pada Sabtu, 7 Oktober 2023, para atlet yang terjun di cabang olahraga (cabor) panahan, karate, dan angkat besi gagal meraih medali.

Maka, total medali yang dikumpulkan Indonesia adalah 7 emas, 11 perak, dan 18 perunggu. Kita menempati urutan ke-13 klasemen medali sementara.

Namun, posisi itu belum aman. Indonesia masih bisa tergeser oleh Malaysia (posisi ke-14) dan Uni Emirat Arab (16). Sebab, kedua negara itu masih bertanding hari ini, Minggu, 8 Oktober 2023.

BACA JUGA: Rionny Mainaky Pasang Badan Atas Kegagalan Tim Bulu Tangkis Raih Medali di Asian Games 2023, Netizen: Ketua PBSI Juga Dong!

Saat ini, Malaysia meraih 6 emas, 8 perak, dan 18 perunggu. UEA memiliki 5 emas, 5 perak, dan 8 perunggu. Jika Malaysia menambah 1 emas dan 4 perak saja, Indonesia pasti tergeser.


BELUM AMAN! Indonesia akhiri Asian Games 2023 di peringkat 13, masih bisa disalip Malaysia.-Meng Chenguang-Xinhua

Hal itu tentunya meleset jauh dari target yang dicanangkan Kemenpora sendiri. Sebelum berangkat, Menpora Dito Ariotedjo menyebut bahwa Indonesia bisa masuk 12 besar dengan sedikitnya 12 medali emas. Target itu dikoreksi oleh Presiden Joko Widodo yang meminta kita masuk 10 besar.

Kini, jangankan 10 besar. Masuk 12 besar seperti rancangan awal pun tidak masuk.

BACA JUGA: Indonesia Belum Capai Target! Jelang Dua Hari Penutupan Asian Games 2022

Salah satu cabor yang paling disorot atas kegagalan itu, tentu saja, bulu tangkis. Untuk kali pertama dalam sejarah, Indonesia gagal merebut satu pun medali dari cabor andalah tersebut. Hal itu menjadi perhatian banyak pihak.

''Setahu saya, bulu tangkis selama mengikuti Asian Games selalu mendapat medali emas,'' kata legenda tunggal putra Taufik Hidayat.

''Semua harus introspeksi diri. Ini menyangkut nama baik Indonesia, pokoknya untuk kepentingan nasional harus diutamakan,'' lanjutnya. Taufik sendiri pernah meraih tiga emas Asian Games. Yakni pada edisi 1998 (nomor beregu putra), dan nomor individu di Asian 2002 dan 2006.

BACA JUGA: Dramatis! Dragon Boat Putra Indonesia Raih Emas Asian Games

Sebenarnya, pada hari pertandingan terakhir kemarin, Indonesia memiliki peluang untuk menambah medali dari panahan, karate, dan angkat besi. Tetapi setiap atlet dari cabor tersebut kalah pada perebutan medali perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: