Perspektif Baru TNI dalam Menghadapi Ancaman Perang Ekologis

Perspektif Baru TNI dalam Menghadapi Ancaman Perang Ekologis

Ilustrasi perang ekologis di Indonesia.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Oknum-oknum tidak bertanggung jawab bisa saja bertindak melampaui batas dan menimpakan kesalahan kepada negara.

 

Peran TNI Menghadapi Ancaman Perang Ekologis

TNI dengan matra darat, laut, dan udaranya seyogianya dilibatkan dalam pemantauan kedaulatan wilayah Indonesia, termasuk yang sedang dipergunakan secara komersial atau untuk tujuan perekonomian. 

BACA JUGA:KRI dr Wahidin Sudirohusodo 991, RS Terapung TNI-AL Karya Anak Bangsa

BACA JUGA:Tiga Alutsista TNI-AL Jadi Monumen di Madiun

Tentu saja tugas tersebut harus dilakukan secara profesional dan menjunjung tinggi moralitas agar tidak terjadi praktik-praktik penyuapan dan korupsi. Ketegasan TNI untuk menjaga negara ini harus menjadi sebuah keniscayaan. 

Hal tersebut sejalan dengan amanat panglima TNI di HUT Ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023. Ia menyatakan bahwa kepercayaan masyarakat untuk berkolaborasi dengan TNI dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia harus dirawat dengan baik. 

Hal itulah yang akan menjadi kunci untuk mencegah dan memerangi rencana-rencana ataupun isu-isu yang akan menyebabkan disintegrasi bangsa, termasuk permasalahan lingkungan. TNI harus berada pada garda terdepan perlindungan wilayah dan penduduk. 

BACA JUGA:Bangun Flyover Aloha, Bupati Sidoarjo Tawarkan Barter ke TNI-AL

BACA JUGA:TNI-AL Buka Rumah Oksigen di Surabaya

TNI juga sekaligus menjadi penyuara fakta lapangan yang aktual dan komprehensif sehingga menjadi sumbangsih yang mumpuni dalam pengambilan keputusan dan kebijakan pemerintah. 

Tak jarang, kesalahan dalam pengambilan keputusan terjadi akibat minimnya informasi atau malah terlalu banyaknya konflik kepentingan. Oleh karena itu, TNI seharusnya dapat menjadi sumber data yang berimbang, yang berdasarkan kepada kemaslahatan rakyat dan lingkungan. 

Kemanunggalan TNI dan masyarakat diharapkan dapat mencegah bencana ekologis yang bisa jadi merupakan bentuk perang terkini. Pertahanan wilayah yang dikacaukan oleh oknum-oknum industri pangan maupun pertambangan serta publikasi buruk atas negara ini sudah harus menjadi perhatian kita semua. 

Setiap detail keputusan pemerintah harus diperhatikan agar meliputi kepentingan umum dan lingkungan, bukan hanya kepentingan oknum/golongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: