Cooking Class dan Dim Sum Plating Competition Ramaikan International Chef Day di Hotel Ciputra World Surabaya

Cooking Class dan Dim Sum Plating Competition Ramaikan International Chef Day di Hotel Ciputra World Surabaya

Intip serunya kelas dim sum dalam International Chef Day di Hotel Ciputra World. Chef Jumari sedang memperagakan cara membuat kuotie. -Hotel Ciputra World Surabaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Tanggal 20 Oktober diperingati sebagai International Chef Day. Hari spesial tersebut mulai ditetapkan pada 2004 oleh Dr Bill Gallagher, masterchef ternama sekaligus mantan presiden World Association of Chefs Societies (WACS). 

Turut meramaikan Hari Chef Internasional, Hotel Ciputra World Surabaya memilih menggelar cooking class dim sum dan dim sum plating competition. Seru karena jarang dilangsungkan.

Setelah dibuka F&B Manager Hotel Ciputra World Surabaya Jumali, Chef Jumari yang juga seorang dim sum chef memulai acara dengan menggelar kelas memasak dim sum.
Intip serunya kelas dim sum dalam International Chef Day di Hotel Ciputra World. Chef Irfan Dwi, Jr. Sous Chef Hotel Ciputra World sedang menilai peserta pada saat dim sum plating competition. -Hotel Ciputra World Surabaya-

Chef Jumari lalu mengajarkan cara membuat berbagai jenis dim sum, seperti siomay, wonton, hakau, kuotie, dan xiao long bao. Para peserta yang didominasi para praktisi kuliner itu terlihat antusias mengikuti kelas. 

BACA JUGA: Yang Terbaik di Ajang Surabaya Tourism Awards 2023: Ruang Publik Super Bersih Hotel Ciputra World (13)

Apalagi karena mereka bisa praktik langsung membentuk berbagai dim sum yang diajarkan. “Membuat dim sum tidak bisa sekali atau dua kali, harus banyak berlatih agar terbiasa”, ungkap Chef Jumari.

BACA JUGA: Hotel Ciputra World Surabaya, Hidangkan Serambi Ramadan

Kelas selanjutnya adalah dim sum plating yang dipimpin Chef Irfan, seorang Jr Sous Chef. Chef yang sudah berpengalaman memasak di berbagai negara itu mengajarkan cara menata dim sum di atas piring dengan metode klasik hingga modern. 

Dim sum yang biasanya disajikan di dalam keranjang jadi terlihat cantik setelah dihias di atas piring. Setelah cooking class selesai, peserta dapat menikmati makan siang, yang menunya adalah hasil karya mereka. 

Acara dilanjutkan dengan dim sum plating competition. Acara itu memang yang paling ditunggu-tunggu. Para peserta memperebutkan berbagai hadiah menarik bagi tiga pemenang terbaik.

Kompetisi yang digelar di Executive Lounge itu berlangsung cukup sengit. Para peserta hanya diberi waktu 45 menit untuk membentuk dim sum serta menghias di atas piring menjadi sajian yang menarik.
Intip serunya kelas dim sum dalam International Chef Day di Hotel Ciputra World. Chef Jumari sedang mencontohkan cara membuat siomay pada para peserta.-Hotel Ciputra World Surabaya-

Terdapat lima kriteria yakni dari konsep, tingkat kesulitan, kreativitas, kebersihan dan kerja sama tim. Pemenang terbaik jatuh pada kelompok Hue Surabaya yang berhasil mendapatkan kesempatan menginap gratis di Hotel Ciputra World Surabaya.

Dijelaskan Marketing Communication Hotel Ciputra Worlds Surabaya Stephanie, pada tahun ini pihaknya sengaja mengadakan cooking class mengenai dim sum. Karena dim sum saat ini sedang tren di Indonesia. Khususnya di Surabaya.

"Kami ingin membagikan ilmu kepada para praktisi kuliner dari chef kami yang sudah berpengalaman puluhan tahun," ujarnya. Selain itu, saat ini food plating bisa dijumpai tidak hanya di hotel. Tetapi di kafe atau restoran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: