Ada 5 Dongeng Legenda yang Bisa Dipakai Para Bunda untuk Kenalkan Nusantara pada Anak

Ada 5 Dongeng Legenda yang Bisa Dipakai Para Bunda untuk Kenalkan Nusantara pada Anak

Ada banyak cerita menarik yang dapat bunda ceritakan untuk si kecil sebagai pengantar tidur, salah satunya cerita anak Nusantara yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. -iStock-

Cerita Danau Toba merupakan dongeng legenda yang berasal dari Sumatera Utara. Cerita ini berkisah tentang seorang pemuda yang bernama Toba.
Cerita Danau Toba merupakan dongeng legenda yang berasal dari Sumatera Utara. Cerita ini berkisah tentang seorang pemuda yang bernama Toba. --

Suatu hari, Toba pergi memancing di sungai dan berhasil menangkap ikan mas. Namun, tanpa diduga ikan mas tersebut berubah menjadi perempuan cantik. Perempuan tersebut menjelaskan bahwa dia adalah putri yang dikutuk.

Sebagai ucapan terima kasih, perempuan tersebut bersedia menjadi istri Toba dengan syarat tidak menyebarkan asal-usulnya sebagai ikan. Mereka akhirnya menikah dan dikarunia seorang anak bernama Samosir.

Namun, petaka pun terjadi ketika suatu hari Samosir mengantarkan makanan untuk ayahnya di ladang. Toba merasa sangat marah karena Samosir datang terlambat.

Tanpa sengaja ia menyebut Samosi sebagai anak ikan. Samosir pun menangis dan berlari ke rumah mengadu pada sang Ibu. 

Seketika hujan badai turun dengan lebatnya, semburan air muncul secara misterius hingga menenggelamkan daerah tempat tinggal Toba dan menjadi sebuah danau yang saat ini dikenal sebagai Danau Toba.

3. Timun Mas

Cerita rakyat Timun Mas berasal dari Jawa Tengah yang menceritakan tentang wanita tua yang tinggal sebatang kara. Wanita itu sering dipanggil dengan Mbok Randa. 

Suatu hari saat berada di hutan Mbok Randa bertemu dengan raksasa dan memberinya biji mentimun. Raksasa tersebut memberikan sebuah biji mentimun yang jika ditanam dapat mendapatkan seorang bayi.

Namun, ia memberi syarat jika anak tersebut berumur enam belas tahun maka harus diserahkan ke raksasa untuk dijadikan santapan.

Singkat cerita anak tersebut sudah berusia 16 tahun. Namun, Mbok Randa tidak mau menyerahkan anak tersebut kepada si raksasa. akhirnya Mbok Randa menyiapkan beberapa barang ajaib agar Timun Mas bisa lolos dari kejaran si raksasa.

4. Keong Mas

Keong Mas bercerita tentang Galuh dan Candra Kirana. Dewi Galuh merupakan seorang gadis pendengki yang membenci adiknya karena hendak dinikahi oleh Pangeran Inu Kertapati.

Hal tersebut karena Dewi Galuh juga menyimpan rasa kepada Pangeran Inu. Dewi Galuh kemudian bertemu dengan seorang nenek sihir untuk mengubah Candra Kirana menjadi keong agar pernikahan adiknya tersebut gagal.

Singkat cerita Kirana telah berubah menjadi Keong Mas dan ditemukan oleh seorang nenek nelayan yang kemudian disimpan dalam rumahnya. Pada akhirnya Candra Kirana ditemukan oleh Pangeran Inu dan dibawa kembali ke istana 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber