Rapat Pleno Senat Akademik Universitas Airlangga (3-Habis): Program MBKM, Habitus bagi Pengembangan Soft Skill Mahasiswa

Rapat Pleno Senat Akademik Universitas Airlangga (3-Habis): Program MBKM, Habitus bagi Pengembangan Soft Skill Mahasiswa

Ilustrasi Prof Nizam yang diundang Universitas Airlangga dalam rapat pleno senat Uniar menyikapi Permendikbudristek No 53 Tahun 2023. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Dalam program MBKM, mahasiswa tidak hanya dituntut belajar di kelas. Namun, mahasiswa juga bisa melakukan kegiatan magang, pertukaran pelajar, penelitian di luar kampus, pengabdian masyarakat, dan kegiatan lainnya yang tercantum dalam program MBKM. 

Berbeda dengan pola sebelumnya (aktivitas mahasiswa yang bisa diakui hanya yang berkaitan dengan kegiatan belajar di kelas), dalam program MBKM, hasil dari kegiatan mahasiswa belajar di luar kampus dan magang bisa dikonversikan ke dalam nilai mahasiswa di akhir semester. 

Sudah barang tentu tidak semua pelaksanaan program MBKM berjalan mulus seperti yang diharapkan. Dalam melakukan konversi nilai, misalnya, masih sering terjadi kampus menghadapi kesulitan untuk melakukan penyetaraan dan konversi nilai terhadap kegiatan mahasiswa di luar kampus yang dinilai terlalu jauh dari core pembelajaran mereka. 

Selain itu, tidak semua dunia industri bersedia menampung minat mahasiswa yang ingin belajar di sana. Itu semua adalah tantangan yang harus dihadapi dalam pelaksanaan program MBKM.

Sebagai program yang baru, harus diakui masih ada banyak persoalan yang dihadapi. Perubahan paradigma pendidikan yang semula ketat ke paradigm baru yang longgar dan berorientasi pada pengembangan potensi mahasiswa harus diakui bukan hal yang mudah. 

Namun, adanya kesadaran dan kesediaan kita untuk menempatkan mahasiswa sebagai subjek utama pendidikan niscaya akan menjadi modal awal untuk menyukseskan program MBKM. Semoga. (*)

 


Purnawan Basundoro, dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.-Humas Unair-


Bagong Suyanto, Dekan FISIP Universitas Airlangga -Unaid.ac.id-

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: